Beranda Gaya Hidup Motor Kamu Terendam Banjir, Segera ke Bengkel dan Ganti Oli

Motor Kamu Terendam Banjir, Segera ke Bengkel dan Ganti Oli

369
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Akibat banjir di wilayah Banten tak sedikit kendaraan jadi korban banjir, terutama sepeda motor. Kalau motor. Kamu jadi korban langsung segera melakukan servis ya detikers. Karena jika tidak, kerugian akan dirasakan.

Sebut saja soal pelumas. Motor yang terendam banjir yang menyebabkan air masuk ke dalam ruang mesin,ini berpotensi mengalami kerusakan karena oli tercampur dengan air.

Untuk mengetahui oli tercampur dengan air atau tidak, sangat mudah, cukup melihat warna oli. Jika oli berwarna putih, dipastikan oli sudah tercampur air. Jika oli sudah bercampur dengan air, jalan satu-satunya adalah harus mengganti oli mesin.



Seperti yang disampaikan Federal Oil General Manager Sri Adinegara yang menjelaskan bahayanya pelumas kendaraan yang telah tercampur air dan masuk ke dalam mesin.

Sri Adinegara mengatakan, saat oli atau pelumas tercampur air. Pelumas atau oli memiliki sifat demulsifier, yang bermakna bahwa oli bisa memisahkan diri dengan air. Tetapi dalam kasus ini oli & air bersatu di tempat yang sama meskipun tetap terpisah.

Selanjutnya Sri Adinegara juga mengatakan saat oli atau pelumas tercampur air, maka pelumasan pada mesin menjadi tidak optimal karena adanya air.

Pelumas yang telah tercampur air juga menjadi penyebab mesin bekerja lebih berat dan selanjutnya suhu mesin akan menjadi panas. Terakhir, sifat asam air akan mengakibatkan karat & mesin menjadi keropos.

Bila hal ini terus dipaksakan untuk tetap digunakan, akan mengakibatkan kerusakan mesin motor, kandungan air yang tercampur dengan oli bisa membuat korosi pada komponen yang ada di dalam mesin, sehingga mesin motor akan cepat rusak.

(Red)

Sumber : detik.com