Beranda Peristiwa Mobil Avanza Tercebur ke Laut saat KMP Nusa Putera Melaju Menuju Pelabuhan...

Mobil Avanza Tercebur ke Laut saat KMP Nusa Putera Melaju Menuju Pelabuhan Merak

KMP Nusa Putera saat bersandar di Pelabuhan Merak - foto istimewa

CILEGON – Mobil Avanza Hitam Nomor Polisi B 1087 CKB yang dikendarai Suryadi tercebur ke laut dari atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Putera. Peristiwa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (18/6/2019) saat melaju dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, tepatnya di sekitar Pulau Prajurit.

Tiba-tiba saja ketika kapal melaju di sekitar Pulau Prajurit Mobil Avanza dari Padang, Sumatera Barat yang hendak menuju Tangerang, Banten itu melaju sendiri dan kemudian tercebur melalui pintu samping kapal yang hanya berpalang pagar besi.

Belum diketahui penyebab mobil tersebut bisa melaju sendiri. Saat ini petugas masih melakukan penyelidikan. Namun diduga kendaraan tersebut jalan sendiri akibat rem tangan kendaraan tidak difungsikan.

Tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Sebab kendaraan dalam keadaan kosong atau tanpa penumpang.

Ipan (36) salah seorang saksi menceritakan sebelum diketahui mobil Avanza tercebur terdengar suara dentuman dari lantai dua KMP Nusa Putera, dimana tempat parkir kendaraan.

“Saya waktu itu ada di lantai atas, terdengar dentuman gitu. Kemudian orang-orang teriak ada mobil kecebur ke laut. Kejadiannya sekitar 30 menit setelah berangkat dari Dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni,” ujarnya ditemui di Kantor KSKP Merak.

Benar saja, ketika dirinya melihat ternyata pagar salah pintu kapal bagian samping kanan rusak. Diduga rusaknya pagar tersebut akibat terhantam mobil yang diketahui melaju mundur.

“Mobil saya itu posisi ketiga di depan mobil yang tercebur itu. Jadi cukup dekat dan kemudian saya diminta menjadi saksi,” terangnya.

Dia mengaku heran dengan kejadian tersebut. Sebab, kendaraan tersebut melaju sendiri tanpa menghantam kendaraan lain yang ada di belakangnya.

“Aneh saja kejadiannya, padahal dekat pintu itu ada Mobil Yaris. Mobil itu justru tidak kena sama sekali. Samping kanannya juga ada mobil, tapi gak ke senggol juga,” ucapnya.

Melihat ada kendaraan yang tercebur, kru kapal langsung melakukan tindakan dengan melakukan pengecekan. Namun KMP Nusa Putera tetap melaju hingga akhirnya bersandar di Dermaga tujuh Pelabuhan Merak.

“Kita sampai di Pelabuhan Merak sekitar pukul 18.15 WIB,” paparnya.

Saat ini pemilik kendaraan dan saksi-saksi masih dilakukan pemeriksaan di Kantor KSKP Merak.

Sementara itu, Supervisi PTC dan Koordinator SAR PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Ratmiadi membenarkan peristiwa mobil yang tercebur tersebut.

“Saat ini pihak terkait masih melakukan penyelidikan penyebabnya,” terangnya.
(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini