Beranda Peristiwa Mitigasi Kunci Utama Keselamatan Masyarakat Banten Hadapi Bencana

Mitigasi Kunci Utama Keselamatan Masyarakat Banten Hadapi Bencana

Mensos, Tri Rismaharini saat meninjau korban gempa bumi di Kampung Paniis Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur, Senin (17/1/2022) - Foto istimewa

PANDEGLANG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan mitigasi bencana sangat penting dan menjadi kunci utama bagi keselamatan masyarakat Banten dalam menghadapi bencana.

Demikian dikatakan Mensos saat meninjau korban gempa bumi di Kampung Paniis Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur, Senin (17/1/2022).

Menurut Risma, setelah melihat kondisi langsung di lapangan, wilayah yang yang ditinggali warga masuk zona merah, sangat dekat dengan bibir pantai.

“Jadi rawan saat bencana datang baik gempa maupun tsunami, maka dari itu mitigasi bencana sangatlah penting untuk keselamatan warga,” ucap Risma.

“Saya sudah berbicara dengan Bupati terkait mitigasi bencana, yakni bagaimana untuk kedepanya untuk mitigasi ini, memang sudah banyak jalur evakuasi di wilayah sini, tapi minimal jalur evakuasi ini jangan sampai jauh dari rumah-rumah warga,” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan jalur evakuasi nantinya kita akan siapkan lumbung sosial, supaya setiap warga yang mengungsi ditempat evakuasi tersebut masyarakat merasa aman, terlindungi.

“Sehingga bantuan bisa dengan mudah disalurkan karena fokus disuatu tempat yang khusus jika terjadi bencana gempa bumi maupun tsunami,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan Pemkab Pandeglang terus berupaya terkait penanganan dan mitigasi bencana kepada masyarakat, melalui penyuluhan, sosialisasi dan lain sebagainya.

“Pandeglang merupakan wilayah yang rawan bencana, maka dari itu kita harus tanggap dan sigap dalam menghadapi bencana ini, terutama adalah terkait mitigasi bencana,” ujarnya.

(Med/Red)