Beranda Peristiwa Misi Kemanusiaan, PT PCM Terjunkan 3 Tugboat Bantu Evakuasi KMP Royce 1...

Misi Kemanusiaan, PT PCM Terjunkan 3 Tugboat Bantu Evakuasi KMP Royce 1 yang Terbakar

Petugas PT PCM saat memadamkan api kebakaran di KMP Royce 1 - foto istimewa

CILEGON – PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) ikut serta dalam Misi Kemanusiaan mengevakuasi KMP Royce 1 yang kebakaran di Laut Merak, Kota Cilegon, Banten pada Sabtu 6 Mei 2023.

Direktur Utama PT PCM, Muhammad Willy mengatakan bahwa pada Sabtu 6 Mei 2023 sekitar pukul 14:50 WIB, Operator Radio (Dispatcher) PT PCM mendengar dari percakapan radio Channel 16.

“Dimana ada kapal Ferry menanyakan KMP Roice 1, ada kepulan asap. Dijawab Roice 1, ada kebakaran kecil, dan sedang usaha pemadaman,” ujarnya.

Kemudian pada pukul 15:05 WIB, Royce 1 minta kapal yang melintas untuk membantu pemadaman karena api membesar.

Pada 15:10 WIB Dispatcher PCM mendengar broadcast VTS, telah terjadi kebakaran di Area pintu masuk penyebrangan Ferry Merak. Nama kapal KMP Royce 1. Dari AIS, terdeteksi di posisi Lat: 05 – 55.56 LS, Long: 105 – 56.46 BT. Langsung laporan ke Manager Opersional.

“Manager Operasional langsung memerintahkan TB. Martha Venture dan TB. Martha Green yang sedang standby di dermaga Indah Kiat Merak, dan TB. Gunung Santri yang standby di Dermaga KBS Cigading untuk meluncur ke lokasi kejadian untuk misi kemanusiaan, evakuasi penumpang dan pemadaman,” terangnya.

Lalu pada pukul 15:30 WIB, TB. Martha Venture sampai di lokasi dan aksi evakuasi penumpang. Pukul 15:40 WIB, TB. Martha Green tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Jam 16:10, TB.Gunung Santri tiba dan ambil bagian dalam evakuasi.

“TB. Martha Venture mengevakuasi penumpang anak kecil yang tidak didampingi orangtua, kemudian diantar ke dermaga 3 ASDP,” ungkapnya.

Kemudian TB. Gunung Santri mengassist KMP Dorothy agar bisa mengevakuasi penumpang KMP Royce 1. TB. Gunung Santri juga mengevakuasi 3 crew KMP Roice dari sekoci dan dipindahkan ke kapal patroli. Dokumen kapal dan dokumen Crew KMP Roice berhasil diselamatkan dari sekoci.

Jam 16:30 seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke dermaga 1 dan 3 ASDP di mana sudah disiapkan ambulan untuk dibawa ke rumah sakit.

“TB. Martha Green melakukan pemadaman sejak jam 15:45 sampai jam 20:00,” imbuhnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ