Beranda Komunitas Misi Kemanusiaan, KBNU Lebak Dirikan Posko Peduli Bencana

Misi Kemanusiaan, KBNU Lebak Dirikan Posko Peduli Bencana

Keluarga Besar Nadhlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Bayah mendirikan Posko peduli bencana dan melakukan bakti sosial untuk meringani beban para korban banjir di wilayah Lebak Selatan. (Ist)

LEBAK – Pasca bencana banjir yang melanda 5 Kecamatan di Kabupaten Lebak beberapa hari yang lalu, Keluarga Besar Nadhlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Bayah mendirikan Posko peduli bencana dan melakukan bakti sosial untuk meringani beban para korban banjir di wilayah Lebak Selatan. Adapun Posko tersebut berlokasi di Desa Bungkeureuk, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Wakil Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul ulama (MWC NU) Bayah, yang juga penanggung jawab aksi sosial, Kiai Hadi Susiono Panduk mengatakan, jika pendirian posko ini adalah instruksi langsung dari Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lebak, yang meminta kepada Keluarga Besar Nadhlatul Ulama untuk bisa menolong korban banjir.

“Atas instruksi tersebut, kami dari Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama, PAC Fatayat, PAC GP Ansor pun langsung mendirikan Posko peduli bencana,” kata Hadi saat dihubungi, Jumat (14/10/2022).

Ia menjelaskan, keluarga besar NU Kecamatan Bayah sangat kompak dan solid, sehingga memudahkan dalam berkoordinasi. Para ketua mulai dari Ketua MWCNU, Ketua PAC GP Ansor dan Ketua PAC Fatayat Kecamatan Bayah beserta para sahabat Ansor, Banser, dan Fatayat antusias dalam program penggalangan donasi dari warga Nahdliyin di Kecamatan Bayah.

“Alhamdulillah semua kompak. Kami dari KBNU Kecamatan Bayah merasa prihatin dan berempati sedalam-dalamnya kepada para korban bencana banjir. Semoga mereka para korban diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lebak, Kiai Aep Saifuddin Asy-syadzili mengatakan, setelah mendengar musibah banjir yang melanda Lebak Selatan, pihaknya selaku pengurus cabang pun langsung menginstruksikan kepada seluruh MWC di Lebak Selatan untuk bisa membantu dengan mendirikan Posko peduli bencana banjir yang telah melanda 5 Kecamatan di Kabupaten Lebak, yakni Kecamatan Bayah, Kecamatan Panggarangan, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Cilograng dan Kecamatan Cigemblong.

“Saya sangat mengapresiasi dengan cepat tanggapnya KBNU Kecamatan Bayah dalam merespon bencana banjir tersebut dengan tujuan guna meringankan beban para korban bencana banjir di wilayah Bayah,” ucapnya.

Ia menambahkan, jika KBNU Bayah telah menyalurkan donasi tahap pertama pada hari ini berupa 157 paket sembako yang telah dibagikan kepada desa-desa terdampak banjir, seperti Desa Bayah Barat, Desa Bayah Timur, Desa Cimancak, dan Desa Suwakan.

“Semoga bantuan yang kami berikan dapat membantu dan meringankan para korban banjir. Dan saya ucapkan juga banyak-banyak terimakasih kepada para donatur yang telah berkenan menyisihkan sebagian hartanya demi misi kemanusiaan ini,” katanya.

Perlu diketahui, jika bencana banjir yang terjadi pada Minggu 9 Oktober 2022 tersebut telah melanda 5 Kecamatan di Kabupaten Lebak dan telah merendam ratusan rumah serta merusak beberapa jembatan di Lebak Selatan.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini