Beranda Pendidikan Miris! Tak Punya Meja dan Kursi Siswa MI Al-Fatwa di Lebak Belajar...

Miris! Tak Punya Meja dan Kursi Siswa MI Al-Fatwa di Lebak Belajar di Lantai

Siswa-siswi MI Al-Fatwa harus belajar di lantai karena tidak adanya meja dan kursi.

LEBAK – Kondisi Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatwa Gelebug, yang berlokasi di Kampung Gelebug, Desa Parakan Beusi, Kecamatan, Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sungguh memprihatinkan.

Selain kondisi bangunan yang jauh dari kata layak, dengan atap genteng yang bocor dan tanpa plafon, siswa-siswi yang belajar di dalam kelas pun harus belajar di lantai karena sekolah tersebut tidak mempunyai meja dan kursi.

Kepala Sekolah Al-Fatwa Gelebug, Nining Yuningsih mengatakan jika di sekolah MI Al Fatwa Gelebug ini sudah dua tahun tidak memiliki meja dan kursi, sehingga siswa-siswi harus melakukan kegiatan belajar di lantai.

“Dengan belajar di lantai tersebut tentunya membuat siswa-siswi merasa tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi mereka dalam belajar,” kata Nining saat dihubungi, Minggu. (25/9/2022).

Ia menjelaskan, sejak berdirinya sekolah ini dari 2014 lalu sampai sekarang tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Ini berarti, kata dia, bahwa pendidikan tidak terlalu di pentingkan oleh pemerintah Kabupaten Lebak khususnya Kemenag Lebak .

“Walaupun kita belum atau tidak diberikan bantuan oleh pemerintah, saya bersama para pengajar lainnya terus memberikan motivasi kepada anak-anak agar tidak putus harapan untuk tetap mendapatkan hak pendidikan ditengah keterbatasan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika saat ini masyarakat sekitarlah yang memiliki kepedulian dengan gotong royong untuk membantu merenovasi gedung sekolah agar layak ditempati para siswa.

“Soalnya hanya MI Al-Fatwalah sekolah yang berada di Kampung Gelebug, Desa Parakan Besi, Kecamatan Bojongmanik ini. Kalau tidak ada sekolah ini, maka siswa pun harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa bersekolah,” ucapnya.

Nining berharap, agar pemerintah bisa membantu memberikan meja dan kursi ke sekolah MI Al-Fatwa ini, supaya kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman.

“Kami berharap kepada pemerintah khususnya kemenenag kabupaten Lebak agar bisa memberikan bantuan supaya sekolah ini layak untuk di tempati,” katanya. (San/Red)