Beranda Pariwisata Miris! Kawasan Baduy Dipenuhi Plastik Sisa Sampah Para Wisatawan

Miris! Kawasan Baduy Dipenuhi Plastik Sisa Sampah Para Wisatawan

Nampak sampah plastik yang dipungut oleh mahasiswa, di lingkungan Suku Baduy untuk menjaga alam Baduy tetap terjaga (Foto Andi/BantenNews.co.id)

LEBAK – Aksi bersih-bersih lingkungan Suku Baduy dari sampah plastik dilakukan oleh sejumlah mahasiswa di Kabupaten Lebak. Kumpulan Mahasiswa Bina Lingkungan Alam (Kumbila) STKIP Setiabudhi Rangkasbitung melakukan kegiatan ini karena dilatarbelakangi maraknya sampah plastik yang ada di lingkungan Suku Baduy.

Kegiatan yang dilaksanakan di area perkampungan Suku Baduy Luar, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Dengan membersihkan sampah di jalur wisatawan dan perkampungan Suku Baduy, Minggu (3/9/2021).

Dendi Hidayat, Ketua Kumbila mengatakan bahwa gagasan dari kegiatan bersih-bersih ini, sekaligus untuk edukasi kepada para wisatawan yang datang ke Baduy.

“Untuk wisatawan yang datang ke Baduy harus menjaga dan sadar akan kebersihan disini agar lingkungan disini tetap asri dan lestari,” ujar Dendi.

Tujuan yang digagas Kumbila merupakan bagian dari gerakan edukasi kepada para wisatawan dan masyarakat yang ke Baduy.

“Kegiatan kami disini adalah bersih-bersih di Kampung Wisata Baduy serta memberikan edukasi kepada para wisatawan. Tujuannya agar para wisatawan atau masyarakat yang datang kesini untuk menjaga kebersihan disini,” katanya.

Kumbila juga mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan di Baduy tetap terjaga. Karena saat ini banyak sekali sampah plastik terutama di area Baduy luar.

“Jika masyarakat membawa dan membuang sampah disini diharapkan untuk di buang pada tempatnya kalo bisa bawa keluar dari lingkungan di Baduy,” pungkas Dendi.

(Mg-And/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini