Beranda Kesehatan Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari Bikin Segar dan Melek

Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari Bikin Segar dan Melek

657
0
Ilustrasi teh jahe - foto istimewa IDN Times

Kopi merupakan minuman yang sangat familiar. Kopi juga kerap dinikmati saat pagi hari supaya badan terasa lebih segar sebelum menjalani aktivitas seharian.

Selain kopi, ternyata kita juga bisa menikmati minuman-minuman herbal sebagai sumber kafein, lho. Selain menyegarkan, minuman-minuman ini juga dikenal menyehatkan.

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan pengganti kopi terbaik di pagi hari. Kandungan kafein pada teh hijau juga tinggi, tapi memiliki efek menenangkan. Teh hijau juga kaya antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Teh jahe

Teh jahe memang tidak mengandung kafein sama sekali, tapi akan tetap membuat tubuhmu terjaga karena sifatnya menghangatkan. Selain itu, teh jahe juga mampu memberi dorongan pada sistem pencernaan di pagi hari.

3. Teh matcha

Belakangan, matcha jadi minuman yang cukup populer bagi orang Indonesia. Sedikit berbeda dari teh hijau, matcha merupakan bentuk terkonsentrasi dari teh hijau yang kaya antioksidan, klorofil, dan serat.

Selain memberikan suntikan kafein dan meningkatkan energi, teh matcha juga dipercaya bisa membantu mencegah penyakit jantung dan baik bagi mereka yang menderita diabetes tipe dua, serta membantu memerangi kanker.

4. Teh ginseng

Terbuat dari akar ginseng pahit dan dipercaya memiliki lebih banyak manfaat kesehatan, dibandingkan semua jenis teh yang ada. Minuman ini sudah dikenal di China selama ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu.

Selain dapat meningkatkan energi, teh ginseng juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kelelahan, meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan bisa digunakan untuk mengobati diabetes.

5. Teh licorice

Teh licorice memang tidak mengandung kafein, tetapi tetap dapat membuatmu terjaga, karena efek utamanya adalah menstimulus kelenjar adrenal. Secara alami, teh ini dapat meningkatkan tingkat energi tanpa zat adiktif. Ahli diet juga percaya teh licorice dapat membantu mengurangi berat badan, lho.

6. Masala chai

Masala chai merupakan minuman India yang mengandung kafein dalam jumlah yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh. Kandungan rempah, seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, jahe, dan lainnya, membuat minuman ini memiliki rasa yang kuat.

Selain itu, masala chai juga dipercaya mengandung antioksidan, mampu mengobati flu dan demam, serta meningkatkan imunitas tubuh.

7. Teh kunyit

Teh kunyit juga bisa menjadi minuman alternatif pengganti kopi. Minuman ini memiliki warna kuning dengan rasa yang kuat. Teh kunyit dipercaya bisa meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, mengurangi gejala artritis, serta mencegah kanker dan alzheimer. Mereka yang memiliki kerusakan hati dan batu empedu disarankan rutin mengkonsumsi teh kunyit. (Red)

Sumber : IDN Times