Beranda Kesehatan Minum Kopi Satu Cangkir Tiap Hari Dipercaya Bisa Cegah Penyakit Batu Empedu

Minum Kopi Satu Cangkir Tiap Hari Dipercaya Bisa Cegah Penyakit Batu Empedu

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Sebagai salah satu minuman favorit banyak orang, kopi memiliki banyak manfaat selain menambah energi. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan minum secangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Studi dari Institute for Scientific Information on Coffee (ASIC) menunjukkan minum kopi dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan tertentu, termasuk penyakit batu empedu dan pankreatitis.

Penelitian ini juga menyoroti efek menguntungkan lain di balik mengonsumsi kopi, seperti mendukung mikroflora usus dan meningkatkan motilitas usus.

Menurut peneliti dari University of Milan di Italia juga menunjukkan kopi dapat mengurangi keluhan pencernaan seperti sembelit.

“Serta potensi pengurangan risiko kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati kronis,” catat penulis, dilansir The Health Site.

Penyakit batu empedu juga termasuk gangguan pencernaan umum, yang disebabkan oleh akumulasi batu empedu di kantong empedu atau saluran empedu. Ini memengaruhi sekitar 10-15 persen dari populasi orang dewasa.

Para peneliti mengatakan bahwa mekanisme yang melindungi kopi dari penyakit batu empedu belum diketahui. Tetapi mereka mengakui bahwa risiko untuk kondisi ini menurun dengan meningkatnya konsumsi kopi setiap hari.

Peneliti menduga penyebabnya adalah kafein yang terkandung di dalam kopi. Dugaan ini muncul setelah mereka melihat efek menguntungkan yang sama tidak terlihat pada kopi tanpa kafein.

(Red)