Beranda Ramadan Minum Air Hangat di Akhir Sahur Dipercaya Bisa Tidak Mudah Haus

Minum Air Hangat di Akhir Sahur Dipercaya Bisa Tidak Mudah Haus

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

Percakapan WhatsApp beredar pesan berantai yang mengungkapkan tips agar tidak mudah haus saat berpuasa dengan menutup sahur dengan mengonsumsi air hangat. Apakah pesan berantai ini memang benar?

Dalam pesan berantai tersebut, minum air hangat sebagai penutup sahur dianggap mampu membersihkan minyak yang menempel di kerongkongan. Minyak-minyak ini berasal dari makanan yang kita konsumsi sebelumnya.

Meski terlihat meyakinkan, pakar kesehatan menyebut hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa menutup sahur dengan air hangat bisa membantu mencegah rasa haus yang berlebihan saat berpuasa. Hanya saja, minum air hangat memang bisa memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan sehingga tidak apa-apa untuk dikonsumsi saat sahur.

Rasa haus muncul sebagai mekanisme alami tubuh untuk meminta asupan air putih demi menghidrasi tubuh. Sebagai informasi, keberadaan cairan tubuh memang berperan besar bagi berbagai macam fungsi dan sistem yang berjalan di dalam tubuh kita.

Padahal, suhu air akan segera dinetralkan oleh lambung sehingga akan sesuai dengan suhu internal tubuh. Hal ini berarti, apapun minuman yang kita konsumsi, baik itu hangat atau normal, tidak akan mempengaruhi munculnya rasa haus saat berpuasa.

Alih-alih memperhatikan suhu minuman yang kita konsumsi, pakar kesehatan justru lebih menyarankan kita untuk memperhatikan asupan minuman saat sahur demi mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Sebagai contoh, kita disarankan untuk meminum sekitar dua atau tiga gelas air saat sahur. Selain itu, kita juga diminta untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi saat sahur karena bersifat diuretik atau membuat buang air kecil lebih sering terjadi. Bisa jadi hal ini akan membuat cairan tubuh berkurang dengan lebih cepat dan akhirnya membuat datangnya dehidrasi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih sering mengonsumsi air putih hangat yang bisa membantu tubuh merasa lebih nyaman. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat minum air hangat bagi tubuh seperti dikutip dari hellosehat.com.

1. Baik bagi kondisi usus

Air hangat ternyata bisa membantu lambung memecah makanan dengan lebih efektif. Hal ini tentu akan membantu organ-organ pencernaan termasuk usus mengolah makanan dengan lebih baik. Tak hanya membuat nutrisi makanan terserap dengan lebih maksimal, hal ini akan membantu mencegah datangnya sembelit atau susah buang air besar.

2. Bisa membantu menurunkan berat badan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, minum air hangat secara rutin bisa membantu mencegah datangnya sembelit. Hal ini bisa berpengaruh besar bagi berat badan tubuh. Karena alasan inilah banyak pakar diet yang menyarankan kita untuk meminumnya.

3. Bisa membantu meredakan flu

Minum air hangat bisa membuat tenggorokan lebih nyaman. Hal ini tentu akan membantu mengatasi flu dengan lebih efektif. Jika kita mengonsumai air hangat yang dicampur dengan jahe, lemon, serta madu, maka masalah radang tenggorokan juga bisa diatasi dengan cepat.

4. Tubuh bisa menjadi lebih rileks dan mengatasi stres

Air hangat bisa memberikan sensasi lebih nyaman. Hal ini tentu akan berimbas pada tubuh yang lebih rileks sekaligus mengatasi stres. Apalagi jika air hangat ini adalah teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang memang bisa menurunkan stres dengan efektif.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Minum air hangat bisa merangsang sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini tentu akan berimbas pada kesehatan jantung dan pembuluh darah yang semakin membaik. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini