Beranda Hukum Minim Sosialisasi Soal TKA, Mahasiswa Geruduk Kantor Imigrasi Serang

Minim Sosialisasi Soal TKA, Mahasiswa Geruduk Kantor Imigrasi Serang

164
0
Mahasiswa menggeruduk kantor Imigrasi Kelas I Serang. Mereka menduga Imigrasi minim melakukan sosialisasi terkait keberadaan tenaga kerja asing di Banten. (Ade/bantennews).

SERANG – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Serang (HAMAS) menggeruduk kantor Imigrasi kelas I Serang. Menurutnya sosialisasi program dan aplikasi yang dimiliki Imigrasi kurang menyeluruh tersampaikan pada masyarakat.

Mereka menilai Kantor Imigrasi Serang minim sosialisasi mengenai Tenaga Kerja Asing (TKA) hingga menimbulkan kecurigaan dan viral beberapa waktu lalu.

Diki Darmawan, salah satu kordinator aksi mengatakan pengawasan Imigrasi Serang masih kurang maksimal. “Kami menduga ada kongkalikong antara Imigrasi dengan pihak industri terkait TKA yang bekerja di wilayah Banten,” ujarnya di halaman gedung Imigrasi Serang, Jalan Warung Jaud nomor 82, Kecamatan Serang, Selasa (12/3/2019).

Kepala Imigrasi Serang, Syamsul Efendi Sitorus mengklaim Imigrasi Serang sudah maksimal melakukan pengawasan TKA yang ada di wilayah Banten. Menurutnya, data yang dimiliki mahasiswa terkait TKA di wilayah Banten belum update.

“Saya kurang hapal jumlah data TKA yang tinggal di Banten, tapi tadi petugas kami sudah menunjukkan ke perwakilan dari mahasiswa untuk melihat data pastinya. Dan mereka sudah menerimanya. Mahasiswa juga tidak mau menyebutkan sumber data yang dimilikinya. Tapi intinya kami sudah menampung aspirasinya agar ke depan Imigrasi bisa bekerja lebih baik,” ucapnya. (Dhe/Red)