Beranda Bisnis MI dan Islamic Insurance Society Dukung Penguatan Sinergi Perbankan dan Asuransi Syariah

MI dan Islamic Insurance Society Dukung Penguatan Sinergi Perbankan dan Asuransi Syariah

Kerja sama antara Muamalat Institut dengan IIslamic Insurance Society. (IST)

JAKARTA – Muamalat Institute (MI) berkomitmen memperkuat ekosistem keuangan antara perbankan syariah dan asuransi syariah melalui kerjasama dengan Islamic Insurance Society. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dihadiri oleh Ketua Islamic Insurance Society (IIS), Direktur Muamalat Institute dan jajaran pengurus kedua belah pihak di Muamalat Tower Lantai 8, Jakarta Selatan.

Kerjasama ini untuk meningkatkan pengembangan sumber daya insani (SDI) dan kemajuan misi kelembagaan industri keuangan syariah. Selain itu penguatan ekosistem sinergi perbankan dan asuransi syariah ini dilakukan karena tingkat literasi dan inklusi produk keuangan syariah yang masih dapat dioptimalkan. Menurut Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah sebesar 9,14% dan 12,12% dimana market share perbankan syariah per Desember 2022 sebesar 7,09% dan IKNB Syariah sebesar 4,64%. Hal ini memperlihatkan bahwa perlu adanya sinergitas untuk mendorong tingkat literasi dan inklusi serta market share keuangan syariah di Indonesia.

Menurut Muhammad Zamachsyari, Ketua IIS kedua industri syariah ini memiliki keterkaitan dan ketergantungan yang cukup kuat. Hal ini karena perbankan syariah berperan sebagai potensi pengembangan bisnis asuransi syariah dan sebaliknya, asuransi syariah sebagai enabler dalam mendukung mitigasi risiko perbankan syariah secara khusus serta pengembangan industri halal seperti perlindungan bagi pelaku industri halal, kegiatan haji dan umroh, sektor riil dan ekosistem syariah lainnya

Di kesempatan yang sama, Anton Hendrianto selaku Direktur Eksekutif MI berharap penandatanganan nota kerjasama antara Muamalat Institute dengan Islamic Insurance Society harus diwujudkan melalui kolaborasi program pendalaman pasar yakni kegiatan sosialisasi dan literasi seperti pelatihan, seminar, penelitian dan kegiatan lainnya.

Melalui kerjasama ini diharapkan kedua belah pihak dapat berkontribusi lebih untuk memperkuat sinergi ekosistem keuangan syariah melalui sosialisasi, dan literasi mengenai perbankan syariah dan asuransi syariah yang mengandung nilai-nilai kebaikan dan kebermanfaatan. Hal ini ditunjang dengan peran Islamic Insurance Society sebagai pusat pengetahuan di industri asuransi syariah dan Muamalat Institute sebagai anak perusahaan dari Bank Muamalat Indonesia dengan berbagai program pengembangan SDI seperti pemagangan, pelatihan, sertifikasi, dan juga bisnis inkubator bagi seluruh mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidikan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini