Beranda Peristiwa Metode Pengujian pada Gandum dan Benih Padi Dikembangkan di Cilegon 

Metode Pengujian pada Gandum dan Benih Padi Dikembangkan di Cilegon 

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian di Karantina Pertanian Cilegon dan Karantina Pertanian Uji Terap (BUTTMKP) mengembangkan metode pengujian pada gandum dan benih padi - foto istimewa

CILEGON – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian di Karantina Pertanian Cilegon dan Karantina Pertanian Uji Terap (BUTTMKP) mengembangkan metode pengujian pada gandum dan benih padi.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi, menyebut pihaknya dan Karantina Pertanian Uji Terap saat ini meningkatkan kerjasama dalam pengembangan metode pengujian laboratorium.

Pengembangan itu, menurut Arum, terkait metode standar dan khusus yang dilakukan untuk diterapkan dalam tindakan karantina terhadap Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (MP OPTK).

“Saat ini Karantina Pertanian Cilegon sedang menjalin kerjasama dengan Karantina Uji Terap ( BUTTMKP) dalam melakukan pengembangan metode dan uji terap untuk pengujian dua komoditas pertanian, yaitu gandum dan benih padi. Hal penting ini dipergunakan sebagai bahan panduan teknis tindakan karantina MP OPTK,” ujar Arum dalam keterangnnya, Minggu (28/6/2020).

Target pengujian itu, menurut Arum, untuk memastikan ada tidaknya OPTK pada gandum yang kerap masuk dan keluar melalui Karantina Pertanian Cilegon.

“Target pengujian kami adalah ada tidaknya OPTK pada gandum, yaitu serangga, cendawan dan gulma. Adapun untuk benih padi yang menjadi target OPTK adalah nematoda,” lanjut Arum.

Selain kerjasama dalam pengembangan pengujian, menurut Arum, kedua belah pihak juga sepakat untuk bekerjasama dalam penulisan karya tulis ilmiah, khususnya yang menyangkut ruang lingkup laboratorium.

“Kita juga sepakat untuk melakukan kerjasama dalam penulisan karya tulis ilmiah dari hasil temuan selama pengujian laboratorium, pungkas Arum.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini