Beranda Teknologi Meta Rilis Fitur Baru Antisipasi Konten Teroris

Meta Rilis Fitur Baru Antisipasi Konten Teroris

Ilustrasi - foto istimewa

BANTEN – Meta telah menghabiskan 5 miliar Dolar AS untuk keselamatan dan keamanan global tahun lalu dan mempekerjakan ratusan orang yang didedikasikan untuk pekerjaan anti-teror.

Meta telah membagikan alat sumber terbuka baru yang dapat membantu memerangi eksploitasi anak, propaganda teroris, dan jenis konten kasar lainnya secara gratis.

Alat ini disebut Hasher-Matcher-Actioner (HMA), dan dibangun di atas perangkat lunak pencocokan gambar dan video perusahaan sebelumnya yang juga dirilis tiga tahun lalu.

HMA dapat menjaga situs web bebas dari konten yang tidak menyenangkan dengan bantuan penggunanya yang melabeli gambar dan video yang melanggar aturan dan hukum.

Sistem akan membuat “hash” atau sidik jari unik dari setiap konten yang disimpan ke database.

Perusahaan dapat menggunakan alat ini untuk membuat dan menjalankan database mereka sendiri, tetapi mereka juga dapat menggunakan database hash yang ada untuk memastikan semuanya tercakup.

Ilustrasi terduga teroris. [Envato Elements]
Ilustrasi terduga teroris. [Envato Elements]
Itu berarti mereka tidak perlu menyimpan sendiri gambar atau video yang menyinggung dan dapat dengan mudah menjalankan semua konten mereka, melalui database yang mereka gunakan untuk menemukan postingan yang berpotensi melanggar aturan mereka.

Meta telah membagikan alat tersebut sesaat sebelum mengambil alih ketua Dewan Forum Internet Global untuk Melawan Terorisme (GIFCT) bulan depan.

Itu adalah grup yang dibentuknya dengan Twitter, YouTube, dan Microsoft untuk melawan ekstremisme online pada 2017.

GIFCT menjalankan database yang dapat digunakan perusahaan dengan HMA, dan Meta mengatakan ketika “semakin banyak perusahaan berpartisipasi dalam database berbagi hash, semakin baik dan semakin komprehensif”. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini