Beranda Teknologi Meski Sudah Memasang STB, Warga Lebak Tidak Bisa Menonton TV Digital

Meski Sudah Memasang STB, Warga Lebak Tidak Bisa Menonton TV Digital

Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

LEBAK – Warga di Kampung Munjul, Desa Mekarmulya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, kecewa karena tidak bisa menikmati jernihnya TV digital walaupun sudah memakai set top box (STB).

Egi, salah seorang warga mengatakan, jika dirinya sudah membeli STB tapi tetap saja tidak bisa menikmati siaran TV digital. Walaupun sudah berulang kali dicoba, siaran TV digital yang disebut-sebut lebih bersih dan jernih tak juga bisa dinikmati warga.

“Jadinya bingung, sampai sekarang enggak bisa dipakai, enggak tahu STB-nya atau dari sinyalnya enggak ada. Jadi sama kaya TV analog gitu renyek aja enggak ada gambarnya,” kata Egi, Kamis (10/11/2022).

Ia menjelaskan, dirinya bersama keluarga saat ini hanya bisa pasrah akibat tidak bisa menikmati peralihan saluran televisi analog ke digital. Pasalnya, sinyal sebagai pendukung TV digital masih blank.

“Keputusan pemerintah mengalihkan siaran TV analog ke TV digital, sangat tidak tepat buat kami (warga Munjul). Karena jaringan untuk mendukung kebijakan tersebut masih blank. Jadi, kami saat ini hanya bisa menyaksikan layar televisi dengan kondisi tidak ada gambar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Lebak, Dodi Irawan mengatakan, Lebak merupakan daerah terdampak atas pemutusan siaran televisi analog ke digital. Jadi bukan karena tidak ada sinyal, tapi karena dampak pemutusan itu. Tidak hanya di daerah itu, khususnya di Lebak selatan juga sama.

“Lebak selatan untuk menikmati saluran televisi itu hanya bisa menggunakan parabola, nah sekarang karena jaringan itu diputus akhirnya tidak bisa kembali mengakses. Lebak ini harusnya belum dilakukan pemutusan tapi dampak dari pemutusan se-Jabodetabek, Lebak akhirnya terdampak,” kata Dodi.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini