Beranda Olahraga Meski Kalah dari Polandia, Jepang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2018 Berkat...

Meski Kalah dari Polandia, Jepang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2018 Berkat Fair Play

125
0
Foto istimewa detik.com

Jepang kalah 0-1 ketika melawan Polandia di matchday ketiga Grup H Piala Dunia 2018. Meski kalah, Jepang tetap lolos 16 besar berkat unggul Fair Play yang mengungguli Senegal. Hanya kartu kuning yang menjadi pembeda kedua tim tersebut.

Jepang lolos ke babak 16 besar meski kalah 0-1 dari Polandia di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018) malam WIB.Samurai Blue menjadi runner-up Grup H dengan empat poin, dua poin di belakang Kolombia.

Jepang sebenarnya punya poin yang sama dengan Senegal di posisi tiga, yang di matchday ketiga tumbang 0-1 dari Kolombia. Keduanya bahkan seimbang sampai ke selisih gol, produktivitas gol, dan head to head.

loading...

Selain berimbang 2-2 saat bertemu, Jepang dan Senegal sama-sama punya selisih gol 0 dan membuat empat gol dalam tiga pertandingan. Alhasil, penentuannya ditentukan lewat catatan fair play.

Jepang berhak jadi runner-up karena punya kartu kuning lebih sedikit, yakni empat berbanding enam milik Senegal. Ini jadi pertama kali di Piala Dunia bahwa kelolosan dan eliminasi ditentukan oleh fair play.

Maka Jepang jadi tim yang pertama lolos karena aturan tersebut, sementara Senegal juga jadi tim yang pertama tersingkir karenanya.

Jepang dan Kolombia selanjutnya akan menghadapi Inggris dan Belgia dari Grup G. Jepang akan menghadapi tim yang jadi juara grup tersebut, sementara Kolombia melawan tim runner-up.

Pertandingan Polandia Vs Jepang.

Jepang banyak mengancam di babak pertama, namun skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Bertanding di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018) malam WIB, Jepang mengambil kendali pemainan atas Polandia. Wakil dari Asia itu bermain dengan pressing-pressing dan umpan-umpan panjang yang langsung ke wilayah sepertiga akhir.

Peluang pertama Jepang baru tercipta di menit ke-12. Shinji Okazaki melepaskan percobaan lewat sundulan, namun bola melebar dari gawang Polandia.

Semenit kemudian, Jepang kembali mengancam gawang Polandia. Kali ini datang melalui tembakan Yoshinori Muto dari luar kotak penalti yang arahnya mampu ditepis Lukasz Fabianski.

Polandia dalam situasi tertekan sejauh ini. Jepang kembali mengarahkan tembakan ke gawang Polandia di menit ke-17. Gotoku Sakai menusuk ke tengah, menerima sodoran Takashi Usami dan melepaskan tembakan kaki kiri. Namun upayanya itu lemah dan bola bisa ditangkap Fabianski.

Jepang nyaris kebobolan di menit ke-33. Kamil Grosicki menanduk bola dan mengarahkannya ke tiang jauh. Bola tampak akan masuk ke dalam gawang Jepang. Namun sebelum bola melewati garis gawang, Eiji Kawashima berhasil menepisnya.

Selang semenit, Jepang melakukan serangan balik. Penetrasi Usami menembus sisi kiri pertahanan Polandia dan umpan silangnya berhasil menciptakan kemelut di muka gawang, tapi bola dengan cepat diamankan Fabianski.

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima; H.Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; G.Sakai, Shibasaki; Yamaguchi, Usami; Okazaki; Muto.

Polandia: Fabianski; Glik, Bednarek, Bereszynski; Kurzawa, Goralski, Krychowiak, Jedrzejczyk; Zielinski, Grosicki, Lewandowski. (Red)

Sumber : detik.com

loading...