Beranda Sosial Meriahnya Pawai Panjang Mulud di Kampung Sitauwan

Meriahnya Pawai Panjang Mulud di Kampung Sitauwan

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Kampung Sitauwan Wetan Indah, Kecamatan Taktakan, Kota Serang mengadakan Pawai Panjang Mulud

SERANG – Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Kampung Sitauwan Wetan Indah, Kecamatan Taktakan, Kota Serang mengadakan Pawai Panjang Mulud. Kegiatan berlangsung meriah, Selasa (12/11/2019).

Dalam rangkaian tersebut, masyarakat berbondong-bondong jalan dari rumah ke rumah untuk meminta sumbangan seikhlasnya dengan diiringi kasidah, dan juga suara petasan, serta membawa panjang mulud yang telah dihiasi sembako.

Nantinya akan dikumpulkan di Masjid Jami al-Ikhlas Kampung Sitauwan Wetan Indah, serta akan dibagikan kepada warga yang disebut dengan istilah “ngeropok” atau berebut makanan dan barang-barang yang ada di panjang.

“Setiap tahunnya selalu ada panjang mulud dan ngeropok, tapi kali ini kekurangan orang buat ngangkat panjangnya, jadi dibantu sama anak-anak kecil,” ujar Toni (48) salah satu warga Kampung Sitauwan.

Ia juga menambahkan bahwa biasanya kasidahan diiringi oleh ibu-ibu Kampung Sitauwan, tetapi saat ini para lelaki yang melakukan kasidah, serta mengiringi panjang mulud.

“Kami panjangnya ini buat sendiri, dari hari Senin (12/11/2019) sampe subuh tadi baru selesai, untuk sembakonya juga dari warga sendiri,” ucap Eti (40) warga sekitar.

Eti berharap untuk kedepannya acara Maulid Nabi Muhammad SAW akan lebih ramai, dan banyak yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkannya.

(Tia/magang)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini