Beranda Sosial Meriahkan Bulan Ramadan, Warga Lebak Gelar Tradisi Tabuh Bedug

Meriahkan Bulan Ramadan, Warga Lebak Gelar Tradisi Tabuh Bedug

LEBAK – Masyarakat di Indonesia kerap menjalankan tradisi turun temurun saat bulan Ramadan. Salah satu contohnya di Kampung Pojok, Desa Curugbadak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, yang selalu melakukan tradisi tabeuh bedug atau tabuh bedug saat bulan puasa.

Yadi, salah seorang warga sekitar mengatakan, jika tradisi tabeuh bedug ini sudah dilakukan puluhan tahun pada saat bulan puasa.

“Tabeuh bedug ini dilakukan setelah selesai salat tarawih dan berakhir sekitar pukul 00.00 WIB,” kata Yadi saat dihubungi, Kamis (21/3/2024).

Ia mengungkapkan, tradisi ini merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan warga saat bulan suci Ramadan, sebagai bentuk rasa suka cita serta untuk menjaga silaturahmi antar warga.

“Untuk pesertanya pun bukan hanya warga Kampung Pojok saja yang mengikuti dalam tradisi ini, banyak diantara warga dari luar kampung yang ikut serta dalam tabeuh bedug ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam tabeuh bedug ini bukan hanya saja para orangtua yang melakukannya, tapi emak-emak dan anak-anak pun bisa ikut memeriahkan tradisi tabeuh bedug ini.

“Semoga saja tradisi ini (tabeuh bedug) bisa terus dilestarikan oleh warga hingga puluhan tahun kedepan,” ucapnya.

(San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini