Beranda Kesehatan Merebus Mie Instan dengan Bungkusnya, Awas Bisa Terserang Penyakit Usus

Merebus Mie Instan dengan Bungkusnya, Awas Bisa Terserang Penyakit Usus

303
0
Ilustrasi - foto istimewa kaskus

Merebus mie instan bersama bungkus plastiknya berisiko terhadap kesehatan. Bahkan bisa saja terkena penyakit sistem pencernaan.

Menurut Dr dr Agi Satria Putranto, SpB-KBD, dari Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo menjelaskan, memasak mie instan dengan bungkusnya dapat berbahaya bagi kesehatan pencernaan.

“Oh tentunya kan itu plastik ya, tentunya sangat berbahaya, tidak baik untuk kesehatan, itu dikaitkan dengan fungsi pencernaan, jika plastiknya ada yang termakan kan berbahaya, plastik itu dihancurkannya kan tidak bisa maksimal,” jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020) dikutip dari detik.com.

Menurutnya, jika seseorang merasa baik-baik saja saat mengonsumsi mi instan dengan bungkusnya, hal itu dikarenakan efeknya baru akan timbul sekitar 2 hingga 5 tahun ke depan. Maka dari itu, ia menyarankan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.

“Karena dari lambung masuk ke usus dua belas jari itu kan dia sempit lubangnya, bisa juga itu nanti yang menyebabkan gangguan pencernaan,” pungkasnya.

(Red)