Beranda Ramadan Menu Sehat Berbuka Supaya Puasa Ramadan Tetap Lancar

Menu Sehat Berbuka Supaya Puasa Ramadan Tetap Lancar

Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

TANGSEL –  Puasa dilihat dari pandangan Kesehatan sangat bermanfaat untuk tubuh kita, untuk membersihkan saluran cerna, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan meningkatkan stamina tubuh.

Sahur dan berbuka puasa adalah wajib dilakukan. Saat sahur di akhirkan menjelang imsak dan saat buka disegerakan ketika saatnya tiba adzan maghrib setelah kurang lebih 18 jam kita menahan napsu, lapar dan dahaga dengan semata hanya mengharap ridha Allah SWT.

Nikmat sehat yang akan kita dapatkan saat berpuasa akan maksimal kita dapatkan jika kita bijak memilih menu makanan yang sehat  terutama saat berbuka.

Nah ini ada tips dari Meyta Winduka Alexandria, Ahli Gizi Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa.

Bagaimana cara memilih menu sehat saat berbuka? Menurutnya, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan jika kita memilih menu sehat, apa saja itu?:

Berbuka dengan yang manis, seperti sunah rasul beliau berbuka dengan kurma, yang jika kita lihat kandungannya sangat tinggi akan karbohidrat, serat dan mineral.

“Tiga zat gizi ini berperan penting saat kita berbuka, karbohidrat sebagai sumber energi dapat mengembalikan tenaga kita. Serat fungsinya untuk mengatur lonjakan gula dalam darah. Mineral berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh,” ujarnya, Sabtu (17/4/2021).

Ketika kita berbuka, bisa dimulai dengan memakan takjil, seperti air putih dan kurma, setelah itu kita jeda untuk melakukan sholat maghrib. Jeda ini juga berfungsi agar tubuh mencerna dulu makanan yang sudah masuk dan juga agar lambung tidak terlalu penuh. Kemudian setelah sholat maghrib barulah kita bisa makan makanan utama.

Selanjutnya menu utama, apa yang harus diperhatikan adalah adalah pola makan seimbang yakni terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral juga serat. Dan tentu saja makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, berhentilah makan sebelum kenyang.

Jangan lupa asupan cairan untuk tubuh berupa air putih harus tetap diperhatikan, 8 gelas (200ml) sehari dapat kita bagi di waktu sahur 4 gelas dan berbuka 4 gelas.

Selain asupan yang sehat, aktivitas juga harus dinperhatikan ya, karena dengan aktivitas, tubuh akan memecah cadangan gizi dalam tubuh untuk menjadi energi sehingga tubuh kita tetap berenergi selama puasa. Selamat berpuasa!.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini