Beranda Politik Menteri dengan Kepuasan Tertinggi, Erick Thohir Terkuat Sebagai Cawapres

Menteri dengan Kepuasan Tertinggi, Erick Thohir Terkuat Sebagai Cawapres

Prosesi penyematan gelar 'Dulur Baduy' untuk Menteri BUMN Erick Thohir. Prosesi ini dihadiri sejumlah tokoh adat Baduy dalam. (IST)

LEBAK– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak hanya mengantongi status sebagai menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi, namun juga calon Wakil Presiden (Cawapres) kuat di 5 wilayah di Pulau Jawa versi Poltracking Indonesia.

Sebelumnya, Poltracking Indonesia mengeluarkan survei yang menunjukkan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut sebagai menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi di kabinet Presiden Jokowi.

Tingkat kepuasan di angka 59,4 persen dan kemudian disurvei terbaru ini Erick Thohir terekam memiliki elektabilitas tinggi di 5 wilayah di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

“Memang terdapat variabel tersebut yakni prestasi, faktor kinerja dan faktor kedekatan di pemerintahan akan mempengaruhi elektabilitas,” kata Hanta Yuda, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia di dalam acara Rilis Temuan 5 Survei Provinsi di Pulau Jawa dengan tema Jawa Penentu Kemenangan : Membedah Kekuatan Politik Elektoral Capres, Cawapres & Partai Politik di Pulau Jawa, Kamis (14/12/2022).

Ia mengatakan, pada rilis survei kali ini, Erick Thohir mencuat sebagai Cawapres terkuat. Di mana Jateng merupakan daerah pendukung utama menteri terbaik dan andalan Jokowi tersebut sebagai Cawapres.

“Di Jateng Erick Thohir menjadi nomor satu sebagai Cawapres dengan elektabilitas 25,4 persen. Demikian pula di Jatim, ia bersaing bersama Khofifah Indar Parawansa di angka elektabilitas 18,3 persen dan 18,6 persen,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk di DKI Jakarta, Erick Thohir bersaing dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Keduanya terpaut selisih elektabilitas sebesar 7,2 persen, di mana AHY memiliki elektabilitas sebesar 24,7 persen dan Erick Thohir di angka 17,2 persen.

“Bergeser ke Jabar, Erick Thohir berada di posisi ke tiga dengan elektabilitas 10,3 persen. Sedangkan posisi pertama dan kedua ditempati oleh Ridwan Kamil dan AHY dengan masing-masing elektabilitas 29,1 persen serta 14,4 persen. Terakhir, di Banten Erick Thohir bersaing di tempat ke tiga bersama Menaprekraf Sandiaga Uno yang terpaut margin of error 3,1 persen. Elektabilitas Erick Thohir di angka 11,7 persen dan Sandiaga di angka 13,1 persen,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk posisi pertama dan kedua sebagai cawapres di Banten adalah AHY dan Ridwan Kamil. Keduanya memiliki elektabilitas sebesar 29,7 persen dan 16,6 persen. Perlu diketahui Poltracking Indonesia menyelenggarakan 5 survei provinsi di pulau Jawa (DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng dan Jatim) pada 26 November – 2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

“Jumlah sampel pada setiap/masing-masing provinsi adalah 1000 responden (DKI Jakarta 1000 responden, Banten 1000 responden, Jabar 1000 responden, Jateng 1000 responden dan Jatim 1000 responden) dengan margin of error +/- 3.1 persen pada setiap provinsi dan tingkat kepercayaan 95 persen,” ucapnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini