Beranda Bisnis Menteri BUMN Sebut Kondisi PT KS Sangat Berat

Menteri BUMN Sebut Kondisi PT KS Sangat Berat

Gedung PT Krakatau Steel di Jakarta - foto istimewa Tribunnews.com

CILEGON – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan bahwa kondisi utang PT Krakatau Steel (KS) sangat berat sehingga tidak ada jalan lain selain melakukan restrukturisasi dengan melibatkan bank milik negara.

“Krakatau Steel memang sangat berat ya karena permasalahannya banyak yang sudah lama,” ujar Rini dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (14/4/2019).

Ketika ditanya soal opsi penyehatan lainnya, Rini menyatakan tidak ada jalan lain selain restrukturisasi utang. Menurutnya, proses restrukturisasi utang pun telah berjalan.

“Tapi kami yakin bahwa ini bisa turn around dan ini dengan sinergi BUMN sekarang sudah keliatan sudah semakin membaik,” jelasnya.

KS memiliki utang yang sangat besar, yakni US$ 2,49 miliar atau Rp34,86 triliun (kurs Rp 14.000) pada akhir 2018. Jumlah ini mengalami kenaikan 10,45% dibandingkan 2017 sebesar US$ 2,26 miliar.

Utang jangka pendek yang dimiliki KS lebih besar dibandingkan utang jangka panjang. Utang jangka pendek KS senilai US$ 1,59 miliar, naik 17,38% dibandingkan 2017 senilai US$ 1,36 miliar. Sementara utang jangka panjang pabrik baja pelat merah ini sebesar US$ 899,43 juta.

Bila proses restrukturisasi selesai, Rini bahkan meyakini KS bisa meraup untung pada tahun ini.

“Sekarang secara operasi sudah jauh lebih efisien dengan restrukturisasi dari pinjamannya semua kita yakin tahun ini (KS) sudah akan untung,” ujarnya.

Sebagai informasi, KS masih mencatatkan rugi bersih senilai US$ 74,82 juta atau Rp1,05 triliun (kurs Rp 14.000) pada 2018. Meski demikian rugi KS menurun dibandingkan 2017 senilai US$ 81,74 juta.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan langkah restrukturisasi utang KS dilakukan karena beban utang melampaui dari kemampuan membayar. Membengkaknya utang KS, menurutnya, karena ada permasalahan struktur utang di masa lalu

“Jadi memang harus direstrukturisasi. Wajar kan di perbankan bahwa kalau beban utangnya di atas kemampuan bayar ya pasti kita restrukturisasi kalau tidak (maka) tidak mungkin bisa membayar,” ujar Kartika, Senin (8/4/2019) malam.

Menurutnya, utang KS akan direstrukturisasi menjadi obligasi wajib konversi dengan tenor yang cukup panjang. Selain itu, dia menyampaikan bahwa KS juga memiliki rencana untuk melepas sebagian aset untuk pembayaran utang.

“Harapannya dengan perubahan ini maka Krakatau Steel bisa sehat lagi dan bisa berkompetisi dengan baja impor juga,” tuturnya.

Skema obligasi wajib konversi yang umum di pasar modal Indonesia adalah surat utang yang bisa dikonversi dengan kepemilikan saham di perusahaan debitur bila telah jatuh tempo. Dengan skema ini maka para kreditur berpeluang menjadi pemegang saham KS bila jatuh tempo. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini