Beranda Nasional Menkominfo : Generasi Milenials Tak Suka Hoax

Menkominfo : Generasi Milenials Tak Suka Hoax

 

JAKARTA – Menkominfo Rudiantara menyebut milenials tak suka menyebarkan informasi bohong atau hoax. Justru, menurut Rudiantara, orang tua lah yang kerap bermain hoax.

“Saya diberitahu sama mas Nukman Luthfi, itu kan pegiat media sosial. Dan menurut penelitiannya atau report dari mana gitu. Yang milenials nggak suka hoax. Jadi yang suka hoax itu yang rada-rada toku (tua) lah. Rada-rada toku. Justru menurut saya, milenialsnya nggak suka hoax, bagaimana caranya agar mendorong yang toku-toku ini agar tidak bermain hoax,” kata Rudiantara di Djakarta Theatre, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang dikutip detik.com, Minggu (28/10/2018).

Rudiantara mengatakan orang tua yang menyebarkan hoax itu terbagi ke dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah ibu-ibu yang kerap menyebarkan informasi bohong karena mempunyai kesamaan pemahaman.

“Sebenarnya di yang toku dibagi lagi, ada misalkan ibu-ibu, ibu-ubu kebanyakan mereka nggak tahu itu hoax atau nggak. Tapi ibu-ibu karena desakan dia merasa satu pemahanan dengan informasi yang dia terima, dia forward saja,” ujarnya.

Rudiantara pun selalu mengingatkan terhadap ibu-ibu tersebut agar tak menyebarkan hoax. Dia meminta ibu-ibu untuk lebih bijak dalam menerima informasi dan memverifikasinya lebih dulu.

“Saya selalu bicara dengan ibu-ibu, ‘Bu, kita itu harus tabayun. Jangan main sebar sembarangan kalau informasinya tidak benar, (kalau informasi itu) kita kirim, kita itu ikut fitnah,” ujarnya.

Selain itu, Rudiantara memberi pesan khusus untuk generasi milenials di hari Sumpah Pemuda ini. Dia berharap kaum muda menjadi garda terdepan dalam memerangi hoax.

“Justru ini mumpung Sumpah Pemuda, anak-anak muda Indonesia ini saya berharap jadi garda terdepan untuk memerangi hoax,” imbuhnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ