Beranda Kesehatan Menkes Pastikan Pelayanan Kesehatan Korban Tsunami di Banten Berjalan Lancar

Menkes Pastikan Pelayanan Kesehatan Korban Tsunami di Banten Berjalan Lancar

Menkes Nila Moeloek saat meninjau korban bencana tsunami di Puskesmas Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).(wahyu/bantennews)

 

PANDEGLANG – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengunjungi korban bencana tsunami di daerah Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). Nila memastikan pelayanan kesehatan berjalan maksimal untuk korban bencana.

“Kita tahu ini adalah sebuah musibah yah tentu kami dari kesehatan merupakan garda terdepan untuk membantu para korban,” kata Nila saat memantau kondisi di Puskesmas Carita, Pandeglang, Banten.





Nila  mengatakan bahwa pihaknya juga memastikan puskesmas sebagai pelayanan kesehatan pertama yang langsung dapat memberikan pertolongan pertama untuk masyarakat bisa memberikan pelayanan maksimal. Kendati demikian daya tampung yang terbatas harus diantisipasi.

“Puskesmas ini kan hanya garda terdepan tidak mungkin semua bisa ditolong di sini oleh karena itu kita punya sistim dari sini pertolongan pertama kita rujuk ke RS,” kata Menkes.

Saat ini, korban banyak memerlukan makanan bernutrisi, makanan tambahan, dan pakaian. Bantuan tersebut sudah sampai ke lokasi pengungsian para korban. “Bantuan lain banyak, misalkan mereka memerlukan kantong jenazah kami bantu, di pengungsian mereka memerlukan makanan nutrisi kita punya makanana tambahan untuk bencana itu sudah kita berikan,” ujarnya.

Di Puskesmas Carita telah menangani 65 jenazah dan 167 pasien luka-luka yang memerlukan pertolongan. (You/Red)