Beranda Peristiwa Menhub Perkirakan Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak H-3 Lebaran

Menhub Perkirakan Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak H-3 Lebaran

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (kanan) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani (kiri) - ( foto Usman Temposo/BantenNews.co.id)

CILEGON – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak terjadi pada H-3 Lebaran.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai lembaga supaya pemudik tidak mengular hingga keluar pelabuhan.

“Saya memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak pada H-3 Lebaran, pemudik nanti akan lebih banyak. Antisipasinya kita bekerjasama dengan pihak kepolisian, Polda Banten, dan berbagai pihak lainnya. Kita mengantisipasi arus mudik sejak dari Cikupa, sistem reader tiket juga dipercepat,” ujarnya saat meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (1/5/2019).

Dia mengaku bersyukur karena tahun ini libur pegawai tersebar. Sehingga lonjakan pemudik terpisah.

“Kita berbagia karena memang liburnya tahun ini cukup lama ya. Masyarakat tersebar sejak tanggal 29, 30, 31 Mei. Kita harapkan nanti tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, sehingga pemudik mendapatkan layanan yang baik,” katanya.

Dia mengimbau kepada pemudik agar selalu mengupdate informasi terkait mudik melalui media massa. Sehingga saat berangkat tidak terjebak kemacetan.

“Kita memang selalu mengimbau kepada masyarakat agar sering-sering melihat informasi melalui televisi atau media online, agar tahu berstrategi di waktu mana saat berangkat yang senggang, sehingga nanti saat pulang mudik juga menjadi catatan, dimana pada tanggal 8 dan 9 Juni diperkirakan menjadi puncak arus balik, saya sarankan pada tanggal 7 Juni pemudik sudah mulai kembali supaya tidak terjadi kepadatan,” imbaunya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini