Beranda Nasional Menhub : Pemudik Darat dan Laut Naik 7 Persen, Udara Turun

Menhub : Pemudik Darat dan Laut Naik 7 Persen, Udara Turun

129
0
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (kanan) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani (kiri) - ( foto Usman Temposo/BantenNews.co.id)

SERANG – Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan jumlah pemudik Lebaran 2019 yang menempuh jalur darat dan laut meningkat. Namun jumlah pemudik via udara justru menurun.

“(Jumlah pemudik) semuanya naik. Udara yang turun sedikit. (Jumlah pemudik darat-laut naik)¬†average¬†7 persen,” kata Budi saat ditemui di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Budi mengatakan kenaikan jumlah pemudik jalur darat semestinya lebih dari 7 persen. Peningkatan tersebut mencakup seluruh akses, baik tol maupun jalan biasa.

“Laut naik di atas 7 persen, kereta api naik 7 persen. Darat mestinya lebih dari 7 persen, bisa 10-15 persen,” jelasnya dikutip dari detik.com.

Budi menjelaskan penurunan jumlah pemudik via udara tidak hanya disebabkan oleh harga tiket. Penyebab lain, kata Budi, adalah tersedianya tol.

“Kombinasi. Satu, harga. Kedua, jalan tol bagus, lautnya juga alternatifnya banyak sekali,” terang Budi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya menuturkan puncak arus balik mudik 2019 diperkirakan pada 8-9 Juni 2019. Tito mengimbau pemudik agar tidak memaksakan untuk pulang pada tanggal tersebut.

“Kemudian untuk arus balik, ini saya mengimbau masyarakat karena ada waktu tiga hari ini, Jumat, Sabtu, Minggu. Tolong, kita perkirakan mungkin akan ada puncak arus mudik di Sabtu-Minggu. Tolong jangan paksakan pulang di Sabtu-Minggu. Yang bisa pulang Jumat, ya pulang Jumat. Kan sudah lama mungkin di kampung,” imbau Tito. (Red)