Beranda Bisnis Menhub Klaim Masuknya Maskapai Asing Bisa Bikin Harga Tiket Pesawat Lebih Murah

Menhub Klaim Masuknya Maskapai Asing Bisa Bikin Harga Tiket Pesawat Lebih Murah

Ilustrasi - foto istimewa sapawarga.com

SERANG – Maskapai asing diwacanakan masuk ke industri penerbangan lokal sedang hangat bergulir. Dengan masuknya maskapai asing ke dalam pasar penerbangan domestik dipercaya dapat menjadi mengatasi harga tiket pesawat yang mahal.

Wacana ini bergulir saat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bercerita bahwa dirinya diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka kesempatan untuk maskapai asing bisa masuk Indonesia.

Senada dengan presiden, Budi memandang saran tersebut cukup bagus. Pasalnya, dengan bertambahnya pemain maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik.

“Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi,” ungkap dia di kediamannya, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Budi menjelaskan bahwa izin perusahaan asing nantinya harus bekerja sama dengan entitas lokal. Dia menjelaskan bila perusahaan maskapai asing mau masuk maka ada izin yang mesti dipatuhi, yakni bekerja sama dengan perusahaan lokal.

“Perusahaan mana pun terkait asing, harus 51%. Ownership (kepemilikan)-nya harus dengan orang lokal. Nggak mesti dengan orang yang punya bisnis penerbangan,” jelas dia seperti dilansir detik.com.

Sementara itu, ia juga berencana agar para perusahaan maskapai asing tak hanya membuka penerbangan pada rute ‘gemuk’ melainkan juga ke daerah perintis. Maka dari itu, harga juga akan lebih terjangkau.

“Berikutnya juga ada cross subsidi, masuk Indonesia ke rute dalam Jawa tapi harus juga rute ke daerah perintis. Lagi dibahas sekarang,” tutup dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ