Beranda Peristiwa Menggemaskan, Badak Jawa Terekam Kamera Sedang Berendam

Menggemaskan, Badak Jawa Terekam Kamera Sedang Berendam

Badak Jawa terekam kamera tengah berenang - foto istimewa

PANDEGLANG – Badak Jawa atau Rhinocerus sondaicus terekam kamera pengintai tengah beraktivitas. Peristiwa tersebut terbilang langka.

Itu diketahui melalui video yang diunggah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melalui instagram resminya @siti.nurbayabakar, Selasa (30/6/2020).

“Saya mendapat kiriman video trap dari Taman Nasional Ujung Kulon, aktivitas badak di habitatnya,” tulisnya.

Siti menjelaskan, seekor badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) ini tertangkap kamera video trap dengan durasi 2 menit 15 detik di kubangan air terjun Blok Cigenteur Taman Nasional Ujung Kulon.

Badak berjenis kelamin jantan itu diperkirakan berusia sekitar 7 tahun dan sedang melakukan aktivitas berkubang dan guling-guling di kubangan.

“Aktivitas ini dilakukan badak untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh, pemenuhan mineral, mengurangi parasite dan untuk beristirahat,” terangnya.

Siti menjelaskan, Biasanya aktivitasnya dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari dengan durasi terlama sampai dengan 3 jam.

“Populasi Badak Jawa di Indonesia sampai dengan tahun 2019 sebanyak 72 individu dengan komposisi 39 jantan dan 33 betina,” terangnya.

Adapun upaya-upaya konservasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon dilakukan melalui perlindungan dan pengamanan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon melalui patroli rutin.

Selain itu dilakukan monitoring Badak dan pembinaan habitat (Rhino Monitoring Unit), penanaman dan pemeliharaan pakan Badak Jawa di Semenanjung Ujung Kulon, serta berbagai upaya lainnya.

“Yuk kita terus jaga dan sayangi populasi badak. Menjaga dan mencintai mereka sama dengan menjaga dan mencintai Indonesia,”

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini