Beranda Sosial Mengenal Suku Baduy, Warga Adat di Banten yang Tak Pernah Dijajah

Mengenal Suku Baduy, Warga Adat di Banten yang Tak Pernah Dijajah

Hanin, Pemuda Baduy Ganteng - foto istimewa Instagram

LEBAK – Suku Baduy merupakan sebuh suku yang ada di Banten, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Lebak.

Suku ini cukup unik karena warganya begitu menjaga kelestarian alam. Saat ini Suku Adat Baduy menjadi destinasi wisata di Provinsi Banten.

Untuk mengenal Suku Baduy, berikut fakta-faktanya seperti dilansir detik.com.

1. Tak Pernah Dijajah

Suku Baduy menciptakan cerita tentang Baduy Empat Puluh. Kisah itu dikeluarkan untuk mengelabui para penjajah agar tak datang sehingga kebudayaan mereka bisa tetap terjaga.

2. Bahasa Baduy

Warga suku Baduy menggunakan bahasa Baduy untuk berkomunikasi. Bahasa ini juga dimasukkan ke dalam suatu rumpun dalam bahasa Sunda.

3. Tak Pakai Alas Kaki

Para warga suku Baduy memiliki tradisi yang unik, yakni tak mengenakan alas kaki. Biasanya hal ini dilakukan ketika suku Baduy melaksanakan tradisi Seba, yakni berjalan puluhan kilometer untuk bertemu kepala daerah di kota Banten.

4. Dijodohkan

Para wanita suku Baduy ternyata menganut perjodohan. Biasanya, orang tua akan menjodohkan anaknya dengan sesama anak dari suku Baduy ketika sudah menginjak usia 14 tahun.

5. Larangan Kunjungan 3 Bulan

Walaupun terbuka terhadap masyarakat, suku Baduy juga memiliki larangan kunjungan selama 3 bulan. Kegiatan ini dilakukan ketika para warganya tengah berpuasa ‘Kawalu’ atau tiga bulan berturut-turut.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini