Beranda Peristiwa Menelusuri Jejak Bung Karno, Forum Soekarnois dan Komunitas Sejarawan Gelar Napak Tilas

Menelusuri Jejak Bung Karno, Forum Soekarnois dan Komunitas Sejarawan Gelar Napak Tilas

Forum Soekarnois bersama komunitas sejarawan melakukan napak tilas perjalanan Bung Karno di sejumlah lokasi - foto istimewa

KAB. SERANG – Forum Soekarnois bersama komunitas sejarawan melakukan napak tilas perjalanan Bung Karno di sejumlah lokasi. Salah satunya adalah perjalanan Bung Karno Ke Banten. Napak tilas dimulai dari Tugu Proklamsi, Pegangsaan, Jakarta Pusat, hingga Bendungan Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Sabtu (25/6/2022).

Salah satu panitia, Wiastuti mengatakan, napak tilas tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Inspirasi Bung Karno.

Ia menjelaskan, peserta napak tilas merupakan orang-orang yang mencintai sosok Bung Karno, yang terdiri dari Badan Kebudayaan mahasiswa, serta pelajar SMA dan SMP.

“Jadi kita semua di sini bersatu untuk merayakan atau memperingati Bulan Bung Karno,” ujar Ayesha, Pelajar SMPN 268 Jakarta Timur, yang menjadi peserta napak tilas.

Usai menjalani napak tilas di Bendungan Pamarayan, Ayesha mengaku terkesan dengan bangunan lama peninggalan Kolonial Belanda itu. Menurutnya, bangunan yang menjadi lokasi Bung Karno berorasi di hadapan ribuan warga Banten itu sangat berkesan dan bangga sebagai orang Indonesia.

Ayesha, menambahkan, dirinya mendapatkan pengetahuan baru dari kegiatan tersebut. Menurutnya, perjalanan itu membuatnya mempelajari hal-hal baru.

“Kita menambah pelajaran baru sih dari napak tilas ini, jadi pegetahuan kita bertambah juga,” ungkapnya.

Diketahui, kegiatan napak tilas yang dilakukan Forum Soekarnois dan komunitas sejarawan itu dimulai dari Tugu Proklamasi sebagai lokasi bekas kediaman Soekarno sekaligus lokasi pembacaan proklamasi kemerdekaan.

Lalu, mereka melakukan perjalanan menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Tanahabang hingga Stasiun Rangkasbitung. Rute tersebut merupakan rute yang digunakan Bung Karno saat berkunjung ke Banten dengan menggunakan kereta api uap.

Mereka pun mengakhiri perjalanannya di Bendungan Pamarayan sebagai lokasi Bung Karno melakukan berorasi di hadapan ribuan warga Banten pada tahun 1957.

Ketua Forum Soekarnois Abahroji mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan ‘Bulan Inspirasi Bung Karno’ yang diselenggarakan oleh Forum Soekarnois. Ia menyampaikan, selama bulan Juni pihaknya menggelar berbagai macam kegiatan untuk memberi penghormatan kepada presiden pertama Indonesia Soekarno dari mulai mural, dialog, esport dan pasar gotong royong.

“Rangkaian kegiatan ini untuk membangkitkan dan memelihara memori kolektif masyarakat tentang ketokohan dan keteladanan Ir Soekarno sebagai penggali Pancasila dan Proklamator Kemerdekaan RI, serta memperkuat institusional nilai-nilai Pancasila, dan spirit perjuangan Bung Karno,” tuturnya.

Sebelumnya di Kecamatan Pamarayan, Forum Soekarnois juga telah menggelar bakti sosial yang bekerja sama denga Jaman Perempuan Indonesia (JAPRI) di Yayasan Kesejahteraan Sosial Panti Asuhan Nurul Khoir, Jumat (24/6).

Pada kesempatan itu, JAPRI membagikan sejumlah paket belajar untuk anak-anak panti sosial. Lalu, sejumlah paket sembako juga dibagikan bagi masyarakat di sekitar Panti Asuhan Nurul Khoir yang membutuhkan.

Selanjutnya, Forum Soekarnois juga masih akan menggelar kegiatan di Kecamatan Pamarayan, yaitu Pasar Gotong Royong Bulan Inspirasi Bung Karno di Bendungan Pamarayan, Minggu (26/6/2022) besok.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini