Beranda Pemilu 2024 Menebak Topik Pertemuan Anies dan SBY di Pacitan: Pinang AHY Jadi Cawapres?

Menebak Topik Pertemuan Anies dan SBY di Pacitan: Pinang AHY Jadi Cawapres?

Bakal calon presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan yakni Anies Baswedan kedapatan melawat tokoh besar Partai Demokrat sekaligus eks Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur - foto istimewa

SERANG – Bakal calon presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan yakni Anies Baswedan kedapatan melawat tokoh besar Partai Demokrat sekaligus eks Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur pada Kamis (1/6/2023).

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra saat dikonfirmasi membenarkan kedatangan Anies di kediaman sang eks Presiden RI itu.

Sayangnya, Herzaky enggan menjelaskan secara detil soal maksud dari adanya pertemuan tersebut. Termasuk soal apa yang akan jadi pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Sontak, muncul dugaan-dugaan di tengah-tengah publik terkait sinyal yang menguat bahwa Anies akan ‘meminang’ putra SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapresnya.

Kedatangan Anies di kediaman SBY bikin sinyal AHY jadi cawapres makin kuat

Kedatangan Anies di kediaman sang eks Presiden RI tersebut bertepatan dengan mendekati momen Koalisi Perubahan akan mengumumkan cawapres Anies.

Ketua DPP Partai Nasdem sekaligus Anggota Tim Delapan KPP Sugeng Suparwoto mengungkap tak lama lagi Koalisi Perubahan akan mengumumkan secara resmi siapa sosok yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Sugeng sontak meminta wartawan untuk menunggu pihaknya mengonfirmasi lebih lanjut lantaran SBY kini mempersiapkan acara refleksi mengenang mendiang istrinya, Ani Yudhoyono.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengungkapkan nama AHY masuk sebagai salah satu kandidat cawapres Anies.

Publik juga menduga-duga bahwa Anies dan SBY membahas isu cawe-cawe yang dikumandangkan oleh Presiden Jokowi yang akhirnya bermuara di isu penjegalan.

Diketahui sebelumnya, tiga pimpinan partai di Koalisi Perubahan untuk Persatuan melangsungkan pertemuan di Pulau Kaliage, Kepulauan Seribu, Jakarta. Mereka membahas adanya upaya pencegalan terhadap pencapresan Anies Baswedan.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya yang turut hadir pada pertemuan itu, Jumat (26/5/2023) membeberkan para petinggi partai Koalisi Perubahan membahas upaya-upaya menjegal Anies dengan cara mengganggu tiga partai politik pengusung Anies.

“Isi pembicaraan di Pulau Kaliage: adanya indikasi, upaya penguasa akan melakukan segala cara untuk membuat Bacapres Anies Rasyid Baswedan tidak berlayar. Dengan cara dan sumber daya apapun termasuk ‘menganggu’ 3 partai politik pendukungnya,” kata Riefky dikonfirmasi, Rabu (31/5/2023).

Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution akhirnya menjawab terkait topik yang dibahas Anies dan SBY kala pertemuan tersebut.

Keduanya disebutkan membahas perkembangan strategi koalisi perubahan untuk persiapan deklarasi pasangan capres-cawapres, hingga strategi pemenangan, sebagaimana yang dipaparkan Syahrial di depan wartawan, Kamis (1/6/2023).

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini