Beranda Nasional Mendagri Sebut Kepala Daerah yang Sampaikan Keberhasilan Jokowi Bukan Kampanye

Mendagri Sebut Kepala Daerah yang Sampaikan Keberhasilan Jokowi Bukan Kampanye

Presiden Joko Widodo - foto istimewa indosport.com

SERANG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan kepala daerah atau kepala wilayah seperti camat atau lurah yang menyampaikan keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam pembangunan, bukanlah dikategorikan sebagai kampanye.

“Kalau ngomong ayo coblos nomor sekian, itu kampanye. Kalau menyampaikan keberhasilan program Pak Jokowi itu bukan kampanye,” kata Tjahjo usai Rakor Nasional Camat di Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Itu berlaku tidak hanya bagi kepala daerah, namun juga bagi para menteri hingga camat. “Karena camat adalah kepanjangan tangan presiden di wilayah tertentu,” ujarnya dikutip dari kompas.com.

Meski demikian, dia mengingatkan kepala daerah agar dalam kampanyenya tidak menyebar kebencian dan hoaks. “Silakan berkampanye dengan cara yang santun dan tidak menabrak aturan,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada para aparatur sipil negara (ASN) untuk bersikap netral dalam Pemilu 2019. Netral yang dimaksud mendukung penyelenggaraan pemilu agar berjalan baik dan kondusif di daerahnya.

Di Pilpres 2019, ada 2 pasangan capres dan cawapres yang akan berebut mandat. Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno nomor urut 2 diusung koalisi Partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS.

Pasangan ini akan melawan pasangan nomor urut 1 yakni Jokowi-Makruf Amin yang diusung koalisi 9 partai yakni PDI-P, PKB, Golkar, Perindo, NasDem, Hanura, PKPI, PSI, dan PPP. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini