Beranda Nasional Menag Upayakan Tambahan Jatah Zamzam untuk Jemaah Haji

Menag Upayakan Tambahan Jatah Zamzam untuk Jemaah Haji

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tengah mengupayakan tambahan jatah zamzam untuk jemaah haji Indonesia. Kekinian, jatah zamzam untuk Indonesia 5 liter per jemaah.

Yaqut mengaku menyampaikan usul tambahan jatah zamzam untuk Indonesia saat bertemu secara informal dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah.

“Kita usahakan, saya sampaikan ke pak menteri haji dan umrah terkait tambahan zamzam,” ujar Yaqut ditanya soal kemungkinan tambahan zamzam di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Jumat (15/7/2022).

Menurut Yaqut, budaya jemaah Indonesia beda dengan negara lain. Hal ini terutama terkait respons keluarga dan tetangga jemaah haji ketika baru tiba di Indonesia.

“Ketika seorang jemaah datang ke Tanah Air, (tetangga maupun keluarga–RED) yang datang itu seperti pengajian, muktamar akbar,” terang Yaqut setengah berkelakar.

Alhasil, imbuh dia, jatah 5 liter zamzam per jemaah itu kurang. Bahkan, menurut Yaqut, ada jemaah yang sampai mencampur zamzam dengan air mineral untuk mencukupi kebutuhan untuk keluarga maupun tetangga.

Wacana ini dapat sinyal dari pihak Arab Saudi. “Menteri haji dan umrah bilang akan dipikirkan. Ini juga yang akan kita bahas di taskforce,” terang Yaqut.

Selama ini, setiap jemaah haji Indonesia bakal mendapatkan jatah air zamzam yang sudah disiapkan di debarkasi. Jatah zamzam per jemaah yakni 5 liter. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini