Beranda Kesehatan Menahan Kentut? Awas Bisa Keluar Melalui Napas

Menahan Kentut? Awas Bisa Keluar Melalui Napas

Ilustrasi - foto istimewa Tabloid Nova Online

Menahan kentut pasti sering kamu lakukan secara sadar. Tapi kali ini kayaknya harus mikir dua kali kalau ingin menahan kentut. Sebab tidak hanya bikin perasaan nggak nyaman, menahan kentut juga bisa bikin baunya keluar lewat napasmu.

Menurut pakar nutrisi dan diet dari University of Newcastle, Professor Clare Collins, menahan kentut bisa menyebabkan sebagian gas diserap kembali ke dalam sirkulasi dan dihembuskan dalam napas.

“Menahan kentut terlalu lama berarti terjadi penumpukan gas dalam ususyang pada akhirnya akan lolos melalui kentut yang tak terkendali,” ujarnya dikutip dari detik.com.

Dia juga memperingatkan kondisi lain akibat menahan kentut yaitu diverkulitis yang menjadikan lapisan usus menjadi meradang.

Kentut merupakan respons alami terhadap proses pencernaan makanan. Saat makanan dipecah dalam usus kecil, potongan yang tidak dapat dicerna bergerak lebih jauh dan mencapai usus besar.

Saat bakteri dalam usus memecah makanan melalui fermentasi, gas dihasilkan. Beberapa diserap kembali yang dihembuskan melalui paru-paru atau diekskresikan dalam bentuk kentut.

Jadi, kalau nggak pengin bau kentut keluar lewat napasmu baiknya jangan terlalu sering menahan kentut. Jika tidak bisa ditahan, kamu bisa keluarkan di dalam kamar mandi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini