Beranda Gaya Hidup Memiliki Tanda Ini? Berarti Kamu Termasuk Orang Bermental Kuat

Memiliki Tanda Ini? Berarti Kamu Termasuk Orang Bermental Kuat

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Mental yang kuat dibutuhkan untuk bertahan dalam keadaan apa pun. Seseorang dengan mental yang kuat akan mampu menghadapi setiap kesulitan dan halangan yang menghampirinya.

Namun, gak semua orang memiliki mental kuat. Ada tanda-tanda yang bisa kamu lihat untuk mengetahui orang bermental kuat. Apa kamu termasuk orang yang memiliki mental kuat? Berikut cirinya seperti dilansir IDN Times.

1. Bisa mengontrol emosi dan logika dengan seimbang

Ini bukan tentang bagaimana caramu mengontrol emosi, tapi bagaimana kamu menyeimbangkan antara emosi dan logika. Seseorang dengan mental kuat tahu bagaimana cara menyeimbangkan keduanya. Sebaliknya, orang yang gak bermental kuat lebih sering memakai emosinya dibanding logika.

2. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Orang bermental kuat percaya bahwa mental dibutuhkan untuk meraih kesuksesan. Orang-orang seperti ini gak akan membiarkan siapa pun mengendalikan hidupnya, tapi mereka juga gak memengaruhi orang lain untuk mengikutinya. Mereka sangat paham bahwa dirinya sendirilah yang berhak untuk mengendalikan hidupnya. Oleh karena itu dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk meraihnya.

3. Berani berkata tidak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Berkeley menunjukkan bahwa semakin sulit kamu menolak ajakan seseorang, semakin besar peluang kamu untuk mengalami stres dan kelelahan. Hal ini terjadi karena, kamu gak punya cukup waktu untuk mengerjakan kewajibanmu karena telah menerima tawaran dari teman. Orang yang bermental kuat tahu kapan harus berkata tidak, dan kapan harus berkata ya.

4. Belajar dari kesalahan

Orang yang memiliki mental kuat gak akan menyembunyikan kesalahan yang telah dilakukan atau melemparkan kesalahan tersebut pada orang lain. Dengan penuh tanggung jawab, mereka berani mengakuinya. Mereka juga akan belajar dari kesalahan tersebut dan berharap untuk menjadi lebih baik ke depannya.

5. Mampu beradaptasi dengan cepat

Jika kamu memiliki mental kuat, kamu pasti bisa beradaptasi dengan segala perubahan secara cepat. Bagi orang yang bermental kuat, perubahan itu harus dihadapi bukan untuk dihindari. Jika kamu beranggapan bahwa perubahan adalah suatu hal yang wajar, maka kamu akan lebih siap untuk menerima dan menghadapinya.

6. Gak mudah iri dengan kesuksesan orang lain

Merayakan kesuksesan orang lain merupakan suatu bentuk apresiasi bagi orang yang bermental kuat. Mereka gak akan cemburu atau merasa dikhianati ketika orang lain lebih unggul dibanding dirinya. Mereka percaya setiap kesuksesan datang dengan cara yang berbeda. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain sama saja dengan membatasi kemampuan dirimu sendiri.

7. Gak terjebak masa lalu

Orang bermental kuat gak akan membuang waktunya terlalu lama untuk bernostalgia dengan masa lalu. Mereka menjadikan masa lalu menjadi sebuah pelajaran untuk merencanakan masa depan yang lebih baik.

8. Melawan ketakutan yang menghadang

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menghindar dari rasa takut mereka. Sebaliknya, orang bermental kuat lebih memilih untuk melawannya. Mereka akan menghadapi ketakutan yang bisa menghalanginya untuk meraih kesuksesan.

Nah itu tadi 10 tanda yang dimiliki oleh orang bermental kuat. Seseorang yang mempunyai mental kuat gak akan terpuruk atas kesalahan yang dia buat. Mereka justru akan berusaha untuk memperbaiki dirinya dan gak mengulangi kesalahan yang sama. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini