Beranda Peristiwa Meluas, Banjir di Pandeglang Rendam 12 Kecamatan

Meluas, Banjir di Pandeglang Rendam 12 Kecamatan

Petugas mengevakuasi warga ke lokasi yang tidak terendam banjir - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Pandeglang membuat banjir semakin meluas. Sebelumnya banjir hanya merendam 8 kecamatan, namun kali ini banjir makin meluas hingga merendam 12 kecamatan pada Senin (7/12/2020).

Tadi pagi, musibah banjir hanya merendam 8 kecamatan yakni Kecamatan Munjul, Sobang, Cikeusik, Sukaresmi, Sindangresmi, Picung, Patia dan Panimbang. Akan tetapi sore ini banjir juga merendam 3 kecamatan lain yakni Kecamatan Angsana, Cigeulis, Bojong dan Pagelaran.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyana mengatakan, banjir yang makin meluas dikarenakan hujan masih terus mengguyur Kabupaten Pandeglang hingga menyebabkan debit air di beberapa aliran sungai naik.

Selain itu, beberapa warga di Kecamatan Munjul dan Kecamatan Sukaresmi sudah mulai mengungsi karena debit air masih tinggi ditambah cuaca yang masih mendung.

“Yang baru laporan ada pengungsi itu di Sukaresmi sama Munjul, baru itu saja. Kalau di Sukaresmi mengungsi ke mesjid dan kalau di Munjul mengungsi ke kantor desa,” jelas Ade, Senin (7/12/2020).

Selain makin meluas, di beberapa wilayah ketinggian yang sempat mengalami penurunan kembali mengalami kenaikan kembali dengan ketinggian air bervariasi.

“Informasinya di Pagelaran air baru naik terus di Idaman sama Cikeusik juga airnya naik lagi. Cuaca masih mendung,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir merendam puluhan desa di Kabupaten Pandeglang diantaranya di Desa Munjul, Desa Curuglanglang, Desa Gunung Batu, Desa Panacaran, Desa Sukasaba dan Cibitung, Kecamatan Munjul. Desa Sobang, Desa Bojen, Kecamatan Sobang.

Desa Cikeusik, Desa Curugciung, Desa Cikadongdong, Desa Sukaseneng, Desa Sumurbatu, Desa Tanjungan, Desa Umbulan dan Desa Rancaseneng, Kecamatan Cikeusik. Desa Pasikadu, Desa Kubang Kampil, Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi.

Desa Pasirdurung, Kecamatan Sindangresmi. Desa Ciherang dan Desa Bungur Copong, Kecamatan Picung. Kampung Salam, Kampung Banteng, Kampung Karanganyar, Kampung Rancasari, Kampung Kebon Kalapa, Kampung Keusik, Kampung Warung Sake, Kampung Tarikolot, Sindangsari, Brebes, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang serta Kampung Tajur, Kampung Karangtengah, Kampung Sindangrahayu, Desa Idaman, Kecamatan Patia.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini