Beranda Bisnis Mau Tukar Uang Baru Tanpa Ribet? Cek Syarat dan Jadwal Kas Keliling...

Mau Tukar Uang Baru Tanpa Ribet? Cek Syarat dan Jadwal Kas Keliling BI

Salah satu warga yang sedang melakukan penukaran uang baru di Mobil Kas Keliling Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten di Alun-alun Kota Cilegon pada Kamis (7/4/2022). Foto: Nindia/BantenNews.co.id

SERANG – Memasuki bulan ramadan, animo masyarakat untuk menukar uang baru terbilang cukup tinggi. Kali ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten membuka layanan Kas Keliling. Layanan tersebut yakni layanan penukaran uang baru yang diadakan mulai 6 April hingga 28 April 2022.

Selama Ramadan, masyarakat bisa menukar uang baru melalui mobil Kas Keliling yang tersebar di Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang sesuai yang telah dijadwalkan.

Kasir BI, Dedi Wahyudi mengatakan sebelum berkunjung ke mobil Kas Keliling untuk menukar uang, masyarakat diwajibkan mendaftar terlebih dahulu pada satu hari sebelum kunjungan melalui website resmi pintar.bi.go.id.

“Saat ini harus melalui website PINTAR jadi mau enggak mau masyarakat harus registrasi di website PINTAR. Masyarakat bisa menukar dengan lokasi yang ditentukan, jamnya dan tanggal berapa serta pecahannya sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya kepada BantenNews.co.id ketika ditemui di Layanan Mobil Kas Keliling di Alun-alun Kota Cilegon pada Kamis (7/4/2022).

Setelah mendaftar, masyarakat wajib membawa bukti pemesanan layanan penukaran Kas Keliling dalam bentuk digital ataupun cetak ke lokasi pemesanan yang sudah ditentukan.

Mobil Kas Keliling BI beroperasi mulai dari pukul 10.00 sampai 14.00 WIB dan jumlah nominal uang yang bisa ditukar yakni mencapai Rp3,8 juta.

“Masyarakat bisa menukar masing-masing pecahan satu pack dimulai dari Rp20 ribu sampai Rp1.000 jadi dengan total Rp3,8 juta,” katanya.

Dedi menambahkan, untuk kuota penukaran di mobil Kas Keliling saat ini dibatasi yakni hanya 100 orang. Namun dikarenakan antusias masyarakat yang tinggi, tidak menutup kemungkinan akan ada rencana penambahan kuota pada layanan mobil Kas Keliling.

“Peminatnya karena perhari itu 100 jadi dikali 2 saja dengan hari ini sudah ada 200 orang. Tapi kemungkinan untuk kuotanya akan ditambah karena antusias masyarakat kan udah banyak yang memberikan saran untuk lebih banyak menerima penukaran,” tambahnya.

Penukaran uang baru tak hanya bisa dilakukan di mobil Kas Keliling BI, akan tetapi juga bisa dilakukan di sejumlah perbankan lainnya.

Berikut jadwal mobil kas keliling BI wilayah Provinsi Banten :

‌6 April 2022 di Alun-alun Kota Serang
‌7 April 2022 di Alun-alun Kota Cilegon
‌11 April 2022 di Alun-alun Kabupaten Pandeglang
‌13 April 2022 di KP3B Pemprov Banten, Kota Serang
‌14 April 2022 di Alun-alun Kota Serang
‌18 April 2022 di Alun-alun Kota Cilegon
‌20 April 2022 di Instansi (Kejaksaan dan BPJS) Kota Serang
‌21 April 2022 di Alun-alun Kabupaten Pandeglang
‌25 April 2022 di Alun-alun Kota Serang
‌27 April 2022 di Instansi (POLRI dan Kodim) Kota Serang
‌28 April 2022 di Alun-alun Kota Cilegon.

 

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini