Beranda Nasional Matangkan Program Strategis, KDEKS Banten Minta Arahan Wakil Presiden RI

Matangkan Program Strategis, KDEKS Banten Minta Arahan Wakil Presiden RI

Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Banten saat bertemu Wapres Ma'ruf Amin. (IST)

SERANG – Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Banten terus melakukan rangkaian safari untuk memperkuat program strategis yang sedang dirancang. Sabtu (29/7/2023) rombongan KDEKS Banten mendatangi kediaman Wakil Presiden RI, K.H Maruf Amin di Komplek Ponpes An-Nawawi, Tanara, Serang, Banten. Kedatangan pengurus KDEKS Banten dipimpin langsung oleh Ketua KDEK Banten Siti Marifah Ma’ruf Amin dan Direktur Eksekutif Rizqullah.

Dalam obrolan santai yang digelar di kebun anggur tersebut, Wakil Presiden K.H Maruf Amin menekankan pentingnya KDEKS Banten mempercepat pengembangan ekonomi syariah dan memperkuat inklusivitas perekonomian daerah. “Dengan karakteristik masyarakat Banten yang religius maka ekonomi syariah dan keuangan syariah akan berkembang pesat,” jelas Wapres K.H Maruf Amin.

Wapres menekankan, untuk menggerakkan roda ekonomi maka pentingnya juga KDEKS menyemai dan melakukan inkubasi para pengusaha lokal. Dengan banyaknya pengusaha yang bagus, maka akan mendorong kemajuan pada sektor keuangan syariah. “Jika sektor keuangan bagus, maka yang membayar zakat dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial akan banyak,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wapres juga menyinggung Kawasan Industri Halal (KIH) Modern Halal Valley yang telah diluncurkan di Kawasan Industri Cikande Modern, Kabupaten Serang seluas 500 HA. KIH menurut Wapres adalah komitmen pemerintah dalam mendorong ekonomi dan keuangan Syariah. “Harus dioptimalkan untuk mempercepat perekonomian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua KDEKS Banten Siti Marifah Amin mengungkapkan, kedatangannya ke kediaman Wapres  untuk meminta arahan dan saran, karena kapasitasnya sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). “Kami meminta arahan, saran, dan nasehat dari Bapak Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin untuk memperkuat program KDEKS ke depan yang sedang dirancang,” ungkap Marifah.

Marifah mengungkapkan, pasca penetapan Surat Keputusan (SK) pengurus KDEKS Banten oleh Pj. Gubernur Banten Al-Muktabar, pihaknya tancap gas melakukan komunikasi dan menjajaki kolaborasi dengan stakeholder dan intansi-instansi yang terlibat.

Direktur Eksekutif Rizqullah mengungkapkan, masukan dan arahan Wapres sangat penting mengingat beliau telah bergelut pada sektor ekonomi Syariah. “Bapak Wapres juga adalah Bapak Ekonomi dan Keuangan Syariah, sehingga sangat penting arahannya,” jelas mantan Direktur BNI Syariah ini. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini