Beranda Kesehatan Mata Kering Saat Bangun Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Mata Kering Saat Bangun Tidur, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi - foto istimewa balanganews.com

Mata kering akan membuatnya terasa gatal, kesat, nyeri, terbakar, atau nyeri dan bahkan malah kadang bisa menyebabkan pandangan menjadi buram.

Saat bangun tidur bukan tidak mungkin matamu akan terasa kering dan pedas. Dikutip dari detik.com berikut adalah cara mengatasi mata kering saat kamu bangun tidur pagi ini:

1. Teteskan air mata buatan

Air mata buatan dapat membantu meredakan mata yang kering karena berkurangnya produksi air mata alami. Kamu bisa menemukannya di apotek terdekat, dan jika kamu harus menggunakannya lebih dari empat kali sehari, pilihlah merek yang tanpa pengawet.

2. Gunakan humidifier

Humidifier dapat menambahkan kelembaban ke udara di dalam ruangan, memperlambat penguapan air mata. Khususnya apabila kamu memiliki rumah dengan AC, dan pastikan AC tersebut tak langsung mengarah ke daerah wajah.

3. Menjauh dari gadget

Berkedip membuat air mata bergerak di sekitar mata sehingga menjaganya tetap lembab. Akan tapi tak banyak orang yang banyak berkedip saat menatap layar gadget. Air mata akan menguap tanpa kedipan yang akan membuatnya lembab kembali. Sehingga saat menggunakan gadget jangan lupa ingatkan dirimu untuk berkedip sesering mungkin. Dan istirahatkan mata lebih sering untuk menjauh dari gadget, jangan langsung memegang gadget saat bangun tidur.

4. Konsumsi asam lemak omega 3

Asam lemak omega-3 bisa meningkatkan kualitas air mata dengan mengurangi inflamasi akibat mata kering. Lemak yang sehat ini terdapat di ikan berlemak seperti salmon, makarel, kakap, sarden, dan tuna. Sumber lainnya adalah kacang-kacangan seperti kedelai, atau juga bisa menggunakan suplemen omega-3. Kamu bisa sarapan menggunakan ikan-ikan lezat ini.

5. Hindari asap rokok

Asap rokok bisa mengiritasi mata yang menyebabkan inflamasi kronis di dinding membran kelopak mata. Inflamasi tersebut bisa menyebabkan mata kering. Jika kamu adalah perokok, ini adalah alasan tambahan lagi untuk berhenti. Hindari jangan sampai orang lain terkena asap dari rokokmu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini