Beranda Kesehatan Masyarakat Tak Perlu Takut dengan Mantan Pasien Corona

Masyarakat Tak Perlu Takut dengan Mantan Pasien Corona

Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

SERANG – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Tanah Air terus bertambah. Berdasarkan data hari Sabtu (4/3/2020), ditemukan sebanyak 106 kasus baru sehingga total ada 2092 orang dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk tak khawatir terhadap pasien Covid-19 yang sembuh dan dipulangkan. Sebab, pasien yang sudah dinyatakan sembuh alias negatif tidak mungkin menularkan virus Covid-19.

“Kami bersyukur bahwa mereka yang sudah sembuh ini kondisinya bagus, dan tidak perlu dikhawatirkan lagi untuk menularkan penyakit,” kata Yurianto dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Sabtu (4/4/2020).

Yurianto juga menyebut, pemerintah sangat berhati-hati dalam menentukan pasien sembuh dari Covid-19. Misalnya, pasien wajib menjalani pemeriksaan swab dilakukan sebanyak dua kali guna memastikan bahwa virus tidak menjangkit di tubuh pasien.

“Jadi, yang sudah sembuh dengan pemeriksaan negatif, dan dua kali pemeriksaan berturut-turut sehingga bisa dipulangkan,” jelasnya.

Selain kasus positif Covid-19, pemerintah juga menemukan sebanyak 16 pasien sembuh. Total pasien Covid-19 yang sembuh kekinian berjumlah 150 orang.

Sementara itu, angka kematian akibat virus mematikan ini juga bertambah. Tercatat ada 10 pasien meninggal dunia sehingga total keseluruhan berjumlah 191 orang.

(Red)

Berita ini adalah program kemitraan dengan suara.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini