Beranda Pemerintahan Masyarakat Diminta Jaga Kelestarian Badak Jawa di Pandeglang

Masyarakat Diminta Jaga Kelestarian Badak Jawa di Pandeglang

Badak Jawa Bercula satu - Highlight.ID

PANDEGLANG – Badak Cula Satu atau Badak Jawa merupakan World Hertage yang populasinya sudah mulai punah. Saat ini satwa dilindungi tersebut populasinya di Kawasan Ujung Kulon tinggal sedikit.

“Kita jaga Badak Jawa untuk diwariskan kepada anak cucu kita. Ini tanggung jawab kita bersama bukan hanya pemerintah saja,” ujar Bupati Pandeglang, Irna Narulita pada acara rapat koordinasi Strategi Rencana Aksi Konservasi Badak Jawa 2019-2029 di Pendopo Pandeglang, Senin (12/9/2019).

“Perlu dukungan masyarakat sehingga bisa bersama menjaga kepunahan badak jawa. TNUK aset penting bagi dunia bukan hanya Pandeglang,” terang melanjutkan.

Sementara itu, Kasubdit Pengawetan Jenis Direktorat Jendral KKH Sri Mulyani mengatakan, upaya konservasi sudah pada dasarnya sudah banyak dilakukan, salah satunya menjadikan badak jawa kedalam kategori satwa yang dilindungi.

“Satwa ini terancam punah dan tidak diperbolehkan diperdagangkan,” katanya.

Dikatakan Sri Mulyani, populasi Badak Jawa saat ini hanya 68 individu. Kata dia, ini menunjukan sangat besar potensi kepunahan.

“Walaupun tahun 2018 ada kelahiran 4 anak, tentu belum lama ini ditemukan ada dua yang mati,” ungkapnya.

Dijelaskan Sri Mulyani, beberapa faktor yang mengakibatkan kepunahan diantaranya adanya gempa bumi, terjadinya tsunami, kegiatan ilegal, perburuan, dan adanya penyakit hewan.

“Beberapa faktor tadi menjadi ancaman kepunahan bagi Badak Jawa. Ancaman tadi perlu diantisipasi untuk 10 tahun mendatang. Hal yang perlu dilakukan yaitu pentingnya penataan ruang apalagi saat ini habitatnya semakin menyempit,” jelasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini