Beranda Budaya Masyarakat Cisungsang Diharapkan Terus Merawat Budaya Kasepuhan

Masyarakat Cisungsang Diharapkan Terus Merawat Budaya Kasepuhan

Seren Taun Kasepuhan Cisungsang, Desa Cisungsang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Sabtu (27/8/2023) - Foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi Ikuti Seren Taun Kasepuhan Cisungsang, Desa Cisungsang Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Sabtu (27/8/2023).

Ade Sumardi memberikan apresiasi kepada PJ Gubernur Banten, Al Muktabar atas kepedulian terhadap nilai-nilai budaya kasepuhan yang ada di Kabupaten Lebak dengan menghadiri secara langsung kegiatan Seren Taun Kasepuhan Cisungsang.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak mengucapkan selamat datang kepada pak gubernur dan seluruh jajanan provinsi Banten di Sungsang Kabupaten Lebak dan ini merupakan kebanggaan buat kami, dan kita harus merawat tradisi kasepuhan yang tidak dimiliki daerah lain,” ujarnya.

Selain itu PJ Gubernur Banten dalam sambutannya berpesan agar tradisi masyarakat Kasepuhan yang ada di kabupaten Lebak dalam bertani sebagai salah satu cara untuk mencapai ketahanan pangan harus dijaga, karena ketahanan pangan menjadi permasalahan dunia, sementara di kabupaten Lebak telah memiliki sistem yang membuat kabupaten Lebak memiliki ketahanan pangan yang baik.

“Saya lihat tadi cara menyimpan hasil panen di leuit itu suhunya pas, bisa membuat padi bertahan lama untuk di konsumsi dan untuk di jadikan bibit kembali. Masalah pangan ini sangat penting, bapak-bapak dan ibu-ibu adalah pahlawan pangan, dengan cara menanam padi dengan cara adat kasepuhan. Dan provinsi Banten sudah mencapai ketahanan pangan, dan kabupaten Lebak memiliki andil besar dalam mencapai ketahanan pangan tersebut,” ujar Al Muktabar.

Sebagai penutup PJ Gubernur Banten berpesan agar masyarakat Kasepuhan menjaga stabilitas keamanan wilayah di kasepuhan terlebih masyarakat Indonesia akan menyambut pesta demokrasi pada tahun 2024. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News