Beranda Pariwisata Masuk 50 Besar ADWI, Menparekraf Kunjungi Wisata Adat Baduy di Lebak

Masuk 50 Besar ADWI, Menparekraf Kunjungi Wisata Adat Baduy di Lebak

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengjunjungi Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak - foto istimewa

LEBAK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengjunjungi Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan Sandiaga Uno ke Baduy tersebut untuk memantau desa wisata Baduy yang masuk dalam 50 besar dari 3.000 pendaftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, jika wisata Saba Baduy di tahun ini masuk dalam katagori Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun 2022 ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melibatkan mitra strategis, untuk berkolaborasi dalam mengembangkan 50 desa wisata terbaik di Indonesia,” kata Sandiaga kepada awak media, Sabtu (15/10/2022).

Ia menjelaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program unggulan, yang bertujuan untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia, yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf.

“Program ADWI diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan kedatangan Manparekraf memberikan semangat bagi Kabupaten Lebak.

“Ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Lebak, dan kami sedang berikhtiar untuk mengeliatkan pariwisata di Kabupaten Lebak,” katanya saat berada di Perkampungan Baduy.

Iti menyebutkan dengan masuknya Baduy memberikan semangat bagi Kabupaten Lebak, yang saat ini sedang fokus dalam membangun pariwisata.

“Kabupaten Lebak sebagai “Destinasi Wisata Nasional, Berbasis Potensi Lokal”, dan ini salah satunya keunikan yang dimiliki Kabupaten Lebak, da kami berharap dengan adanya wisata ini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ucapnya. (San/Red)