Beranda Pemerintahan Masih Berplat Merah, Naik Bus Trans Mandiri Cilegon Gratis

Masih Berplat Merah, Naik Bus Trans Mandiri Cilegon Gratis

Plt Walikota Cilegon saat melaunching operasional bus Trans Mandiri. (Foto : Gilang)

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai mengoperasikan dua bus trans mandiri dalam pelaksanaan program Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM), Kamis (7/2/2019).

Dalam launching perdananya di koridor Terminal Seruni diumumkan, bus yang mampu mengangkut 20 orang penumpang itu sementara waktu akan beroperasi secara gratis melalui lima lintasan koridor yang sudah ditentukan.

“Jadi sepanjang bus kita ini masih berplat merah, maka akan kita gratiskan. Karena kan kalau mau menarik tarif angkutan, itu harus dengan plat kuning. Untuk ke arah itu, kita harus membentuk lembaga dulu, ada operatornya, barulah kita ajukan ke plat kuning. Barulah ada penerapan tarif, yah perkiraan sekitar Rp2.500,” ungkap Kepala Dishub Cilegon, Andi Affandi.

Dua bus tersebut, kata Andi, efektif beroperasi dari Senin sampai dengan Jumat dan beroperasi setiap jam pada pukul 06.00-09.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB.

“Memang pada Sabtu dan Minggu itu bus sengaja kita liburkan dengan pertimbangan biaya operasi. Saat ini kita masih beroperasi pagi dan sore saja, karena kan ini masih uji coba dulu, kita lihat perkembangannya. Waktu operasi juga dibatasi, karena kita sengaja menyasar jam sibuk,” terangnya.

Sementara Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, operasional bus tersebut diharapkan menjadi solusi atas persoalan tingkat kepadatan lalu lintas kendaraan di ruas jalan di Kota Cilegon, utamanya pada pagi dan sore hari. Persoalan itu bahkan menurutnya menjadi perhatian serius pemerintah daerah yang sampai merogoh kocek sendiri di APBD Perubahan tahun lalu.

“Kepadatan lalu lintas di Cilegon ini sudah bukan main, sudah kita rasakan bersama lah. Dari simpang sampai dengan PCI, itu sudah harus kita selesaikan. SAUM ini bukan berarti kita menutup angkot ya, tapi kita ingin supaya masing-masing itu bisa bergerak, namun kenyamanan penumpang dan pengendara itu tidak diabaikan,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini