Beranda Hukum Marak Kasus TPPO, Mensos Risma Turun ke Pandeglang

Marak Kasus TPPO, Mensos Risma Turun ke Pandeglang

Tersangka BC da AI saat berbincang dengan Mentri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini terkait kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang di Mapolres Pandeglang - foto istimewa

PANDEGLANG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan ke Kabupaten Pandeglang terkait maraknya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Pandeglang. Salah satu lokasi yang dikunjungi Mensos yakni Polres Pandeglang.

Dalam kesempatan itu, Mensos bertemu langsung dengan 2 orang tersangka kasus TPPO yang diamankan Polres Pandeglang. Saat bertemu dengan para tersangka, Mensos langsung meluapkan kekesalannya dengan mengatakan bahwa dirinya akan meminta ke Polres Pandeglang untuk menghukum para tersangka dengan hukuman yang paling setimpal.

“Kamu tega sekali melakukan hal itu, kamu ngambil kesempatan terhadap anak itu ya. Mati rasa kamu ya, kamu tahu kamu akan dijerat undang-undang perlindungan anak dan hukumannya kamu lebih dari 15 tahun,” tegas Risma, Selasa (20/6/2023).

Risma juga mengatakan bahwa kunjungan ke Kabupaten Pandeglang sengaja ia lakukan lantaran ingin melihat langsung tersangka kasus TPPO. Sebab menurutnya, hasil pencarian di media bahwa di Pandeglang sedang marak kasus TPPO.

“Jadi saya menerima laporan dari scanning media kami setiap hari dan kami mendapatkan laporan TPPO yang terjadi di Pandeglang. Karena ini impact-nya cukup besar bukan hanya terhadap anak pasti itu ada rentetannya dan tadi memang setelah saya wawancara dengan si anak itu masih banyak yang bisa dikembangkan dari kasus ini dan nanti bisa terbuka,” ungkapnya.

Ia memastikan bahwa para korban TPPO akan diberikan pendampingan langsung dari Kementerian Sosial dan dibawa ke Balai Residen Galih Pakuan Bogor untuk diberikan penanganan lebih lanjut.

Sebagai wujud terimakasih, Mensos juga menyerahkan penghargaan kepada Polres Pandeglang yang telah berhasil mengungkap kasus TPPO. “Ya karena itu kami memberikan penghargaan dan kami terus berupaya berikan penghargaan kepada seluruh jajaran Polres dan Kejaksaan di beberapa wilayah yang melakukan TPPO,” terangnya.

Di tempat yang sama Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada Mensos Tri Rismaharini yang telah memperhatikan warganya terkait TPPO tersebut.

“Saya sangat tersentuh atas kebaikan Ibu Menteri langsung akan membawa anak kami ini untuk direhabilitasi fisiknya ingatannya juga agar bisa kembali normal sehingga siap untuk kembali bersekolah dan tentunya ini menjadi tanggungjawab kami semuanya,” tambahnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News