Beranda Pemerintahan Mapancas Dies Natalis Ke-63, Wagub Banten Minta Nasionalisme Ditanamkan dengan Cara-cara Milenial

Mapancas Dies Natalis Ke-63, Wagub Banten Minta Nasionalisme Ditanamkan dengan Cara-cara Milenial

Acara dies natalis Mapancas ke 63 di Kampus Unpam, Tangsel secara virtual, Jumat (5/11/2021).

SERANG – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai empat pilar konsensus nasional merupakan aset pemersatu bangsa dalam mempertahankan nasionalisme dan patriotisme.

Masalahnya, lanjut Andika, penurunan kadar nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, bela negara dan militansi kebangsaan pemuda di dalam berbagai kehidupan dan lapisan masyarakat telah dirasakan seluruh komponen bangsa.

“Indikasi menurunnya nasionalisme itu patut kita renungkan bersama, untuk itu saya berharap Segenap Kader Mahasiswa Pancasila (Mapancas) terus senantiasa menggelorakan kembali rasa nasionalisme pemuda,” kata Andika dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual pada acara dies natalis Mapancas ke 63 di Kampus Unpam, Tangsel, Jumat (5/11/2021).

Menurut Andika, di era digital saat ini, survei Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) menemukan bahwa mayoritas generasi muda khususnya kelas menengah urban merupakan kelompok pengguna internet medium user dan heavy user. Artinya kata dia, mereka menggunakan internet mayoritas antara 1 hingga 6 jam perhari.

Berdasarkan hal tersebut, Andika meminta metode peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan untuk generasi muda harus berorientasi pada karakter utama generasi milenial. “Yaitu creative, confidence, connected atau lebih dikenal dengan konsep 3C,” imbuhnya.

Materi pengajaran dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, lanjutnya, juga harus dirancang secara komprehensif dengan mengadaptasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, seperti pembelajaran konten-konten interaktif dan atraktif melalui infografis atau videografis yang dipublikasikan melalui media digital.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mahasiswa Pancasila (Mapancas) Pilar Saga Ichsan melakukan napak tilas dan roadshow ke sejumlah daerah. Selain dalam rangka Dies Natalis Mapancas ke 63, kegiatan juga untuk meningkatkan semangat para pemuda untuk meneladani para pahlawan dalam membangun Bangsa.

Kegiatan awal pada Kamis (28/10/2021) dengan berziarah ke makam pendiri Mapancas, Purnawirawan Jenderan TNI AH Nasution di Taman Makam Pahlawan (KMP) Kalibata, Jakarta. Kemudian pengurus DPP Mapancas tiba di Semarang pada Sabtu (30/10/2021), setelah sebelumnya mengunjungi Bali.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ