Beranda Bisnis Manifes Penumpang dan Kendaraan Mulai Diberlakukan Pelabuhan Merak

Manifes Penumpang dan Kendaraan Mulai Diberlakukan Pelabuhan Merak

123
0
Petugas melakukan manifes kepada penumpang di Pelabuhan Merak - foto istimewa

CILEGON – Manifes kepada para penumpang di Pelabuhan Merak mulai diberlakukan. Pencatatan manifes ini dilakukan saat penumpang kendaraan baru masuk ke area Pelabuhan Merak. Petugas kemudian mendata mulai dari plat nomor kendaraan penumpang, identitas sopir dan penumpang pengikut yang ada di atas kendaraan.

Ketua DPC Gapasdap Cabang Merak, Togar Napitupulu mengatakan bahwa, pencatatan manifes tersebut dilakukan selama 24 jam. Itu dilakukan supaya para penumpang terdata dengan baik.

“Yang kita catat nomor kendaraannya, nama sopirnya, nama-nama penumpang pengikutnya,” ujarnya, Senin (16/7/2018).

Manifes ini, kata dia, dilakukan sebelum penumpang membeli tiket. Sehingga penumpang didata terlebih dahulu.

“Setelah pendataan selesai, penumpang dipersilakan untuk membeli tiket di tolgate pelabuhan dengan membawa blangko manifes. Penumpang akan memberikan blangko manifes itu berikut dengan tiket kepada petugas sesaat sebelum naik keatas kapal,” terangnya.

“Saat penumpang mengisi manifes sebelum masuk ke dalam pelabuhan kita belum tahu dia naik kapal apa. Nanti pembuktiannya itu manifesnya diambil operator kapal saat naik kapal,” tambahnya.

Untuk sementara ini, kata dia, pencatatan manifes masih secara manual. Namun kedepan akan disempurnakan menggunakan sistem tiket elektronik. (Man/Red)