Beranda Kesehatan Manfaat Teh Tanpa Gula Jika Diminum Setiap Hari

Manfaat Teh Tanpa Gula Jika Diminum Setiap Hari

8681
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Minum teh setiap hari ternyata baik untuk kesehatan tubuh, lho! Tapi, tentunya teh tanpa gula. Teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang bisa mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Anthony Kouri, MD, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio mengatakan, teh bisa menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

“Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin, yang paling penting epigallocatechin gallate (EGCG),” katanya seperti dilansir detik.com.

Ini manfaat minum teh setiap hari untuk kesehatan.

1. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh bisa membuat tubuh terhindar dari risiko terkena kanker tertentu. Uma Naidoo, MD, Direktur Nutrisi dan Gaya Hidup Psikiatri di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Fakultas di Harvard Medical School mengatakan, minum teh adalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker.

“Efeknya telah ditemukan untuk kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara,” katanya.

2. Kulit menjadi lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dapat mengurangi risiko kanker kulit. Namun, teh hitam yang disajikan dengan air panas lebih berkhasiat daripada yang teh yang sudah ditambahkan es.

“Teh hitam panas bermanfaat untuk karsinoma kulit skuamosa,” kata Dr. Naidoo.

3. Mengurangi risiko diabetes

Minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Teh ini dapat mengendalikan gula darah setelah makan. Menurut penelitian Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa. Seperti minuman berperisa dan kue-kue kering.

4. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat anti inflamasi dari teh dapat membuat pembuluh darah rileks dan jernih serta bisa mengurangi tekanan pada jantung. dokter Naidoo menyarankan untuk minum tiga cangkir teh hitam per hari.

5. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Penting untuk mengetahui faktor resiko penyakit Alzheimer dan melakukan pencegahan sejak dini.

“Teh hijau dapat membantu Anda mengembangkan resistensi terhadap stres yang berpotensi penyakit Alzheimer. Polifenol bisa melindungi sel dari kerusakan.” kata dokter Naidoo.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

“Kafein dalam teh membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari,” kata Dr. Kouri.

Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Dokter merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein harian tidak lebih dari 300 hingga 400 miligram.

(Red)