Beranda Kesehatan Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Meringankan Beberapa Penyakit

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Meringankan Beberapa Penyakit

Tanaman Kumis Kucing - foto istimewa manfaat.co.id

Tanaman kumis kucing ternyata memiliki banyak manfaat untuk meringankan beberapa penyakit. Kumis kucing juga sering dijadikan sebagai obat saluran kemih hingga meringankan batuk.

Kumis kucing yang memiliki nama latin (Orthosiphon Aristatus) termasuk tanaman dari famili Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai obat alami dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sampai kecantikan.

Kandungan kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Cara pengolahan kumis kucing ada dua cara. Pertama bisa merebus 4-5 lembar dengan segelas air dan dimasak hingga mendidih. Air rebusan daun kumis kucing bisa diminum 3 kali sehari.

Cara pengolahan kumis kucing yang kedua adalah menghaluskan 50 gram kumis kucing dengan 150 ml air dan menyaring airnya. Tuang di gelas dan minumlah bersama dengan campuran madu.

Kedua cara ini dapat dilakukan untuk mengobati asam urat dengan kumis kucing.

Tak hanya asam urat, berikut beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan sampai kecantikan yang dikutip dari detik.com.

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Kumis kucing bermanfaat untuk membersihkan traktat. Sehingga manfaat kumis kucing sangat efektif dalam melawan infeksi. Seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing.

2. Mengobati Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Di Pulau Jawa, manfaat kumis kucing telah dikenal luas, salah satunya adalah mengobati gangguan ginjal. Kabarnya kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm.

3. Atasi Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit ketika otot atau persendian mengalami peradangan atau pembengkakan. Cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat cukup mudah.

Langkah pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah itu, tuggu sampai dingin dan siap untuk diminum.

Dosis yang dianjurkan adalah minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas setiap minum.

4. Meredakan Batuk

Ternyata khasiat kumis kucing sangat banyak, salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuknya adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

5. Mengobati Gusi Bengkak

Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur. Sehingga kalau ingin redakan gusi bengkak bisa lebih memudahkan atasi gusi bengkak.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seseorang dengan diabetes bisa mendapatkan khasiat kumis kucing. Kandungan kumis kucing bisa bermanfaat dan terbukti dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Kabarnya, antioksidan yang ada dan zat anti peradangan dalam kumis kucing sangat baik untuk penderita darah tinggi. Zat kimia yang disebut methylripariochromene dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada tikus, hal ini kemungkinan besar akan berpengaruh juga terhadap tekanan darah manusia.

8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

Ketika tubuh gatal-gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan konsumsi kumis kucing. Cara mengolah kumis kucing bisa dengan cara merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak lalu rebus sampai mendidih.

Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa diminum sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi.

9. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Minuman herbal ini juga dapat dipadu dengan bahan rempah lain seperti jahe.

10. Anti Jamur

Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.

Meskipun manfaat kumis kucing untuk kesehatan sangat banyak. Akan tetapi jangan mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang. Mengonsumsi kumis kucing dalam jangka waktu panjang dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Wanita hamil sebaiknya hindari mengonsumsi ramuan kumis kucing. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini