Beranda Gaya Hidup Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

Selain puasa Ramadhan, umat muslim juga kerap melakukan puasa sunnahseperti puasa Senin-Kamis. Manfaat dari puasa Senin-Kamis sama dengan jenis diet Fasting Mimicking Diet (FMD) karena pelakunya diminta untuk berpuasa di tengah-tengah bulan selama lima hari sementara puasa Senin-Kamis jika ditotal adalah 8 hari dalam sebulan.

Penelitian menemukan mereka yang melakukan FMD dalam kurun tiga bulan atau lebih memperlihatkan perubahan seperti berat badan turun sebanyak 2,6 kg, tekanan darah dan kolesterol pun menurun sehingga risiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker juga berkurang.

“Kami tidak menemukan laporan adanya efek samping yang serius dari diet ini,” kata peneliti Victor dari Longevity Institute, School of Gerontology and Department of Biological Sciences, USC mengutip dari detik.com.

Sementara itu, peneliti juga melihat partisipan yang tidak menjalani FMD namun menerapkan pola diet berbeda. Ketika mereka mencoba FMD, mereka mendapati hasil yang berbeda dan terlihat perubahan yang mereka inginkan sebelumnya.

Sebelumnya, puasa juga diketahui memiliki manfaat untuk mengistirahatkan sistem pencernaan. Berpuasa akan membuat organ pencernaan tidak bekerja terlalu berat yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, berpuasa dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur atau berbuka dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral. Selain itu, konsumsi buah mencaga cairan tercukupi dan terhindar dari dehidrasi saat berpuasa seharian.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini